Kim Yong-gun Minta Maaf soal Dugaan Permintaan Aborsi

nly, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 13:01 WIB
Kim Yong-gun juga menyebut perilakunya tidak pantas karena telah merusak kabar baik yang seharusnya mendatangkan berkah dan ucapan selamat. Aktor senior Kim Yong-gun (Foto: (dok. JTBC via Hancinema))
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor senior Korea Selatan, Kim Yong-gun menyampaikan permintaan maaf atas tuduhan yang mengatakan bahwa ia meminta seorang perempuan untuk melakukan pengguguran kandungan atau aborsi.

Selain itu, Ia juga siap bertanggung jawab atas perbuatannya.

"Ini Kim Yong-gun. Pertama, saya ingin meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran dengan berita tiba-tiba saya digugat," ujar Kim Yong-gun mengutip dari Donga via Naver pada Senin (2/8) waktu setempat.


Dalam pernyataan tersebut, Kim Yong-gun juga menyampaikan belasungkawa kepada calon ibu dan anak dalam kandungan yang terluka akibat perselisihan hukum dengan dirinya.

"Sampai baru-baru ini, saya memberitahu pihak lain beberapa kali, bahwa saya akan mendukung persalinan Anda dan bertanggung jawab. Karena itu, saya tidak menyangka hal ini akan berujung pada sengketa hukum yang melibatkan gugatan," lanjut Kim Yong-gun.

Kim Yong-gun juga menyebut perilakunya tidak pantas karena telah merusak kabar baik yang seharusnya mendatangkan berkah dan ucapan selamat.

Ia merasa bersalah memikirkan dampak yang akan dialami oleh anak itu atas skandal ini di kemudian hari.

"Saya sudah lama mengenal pihak [perempuan]. Setelah anak-anak saya pindah, dia sesekali mengunjungi dan mencerahkan rumah yang telah lama kosong. Dia sering merawatku saat aku sendirian, dan aku selalu berterima kasih padanya," ujar Kim Yong-gun.

"Meskipun kami tidak saling menghubungi atau bertemu satu sama lain setiap hari, saya selalu senang melihatnya, dan kami memiliki hubungan yang baik di mana kami saling menjaga," lanjutnya.

Kim Yong-gun menjelaskan bahwa pada awal April 2021, ia mendengar dari pihak lain bahwa perempuan tersebut telah mengandung dengan usia kandungan empat minggu.

Namun, saat itu yang ditunjukan lebih pada terkejut dan khawatir daripada senang karena mereka tidak terikat janji untuk hidup bersama atau merencanakan masa depan bersama.

"Usia dan kemampuan saya untuk membesarkan seorang anak, bagaimana saya dapat menghadapi putra-putra saya, bagaimana masyarakat akan memandang saya semua hal ini menimpa saya sekaligus," ujarnya.

Setelah mendengar kabar itu, Kim Yong-gun mengatakan bahwa ia tidak dapat mendiskusikan situasi tersebut dengan siapa pun, dan menumpahkan kekhawatirannya kepada perempuan tersebut dan mengatakan bahwa dirinya tidak dapat menerima kelahiran anak itu karena dinilai tidak realistis.

"Yang terpenting saat ini adalah persalinan yang aman, kesehatan sang anak dan pemulihan ibunya," ujar Kim Yong-gun.

Namun, aktor itu tidak menampik bahwa kejadian ini telah menimbulkan luka emosional yang begitu besar kepada pihak perempuan. Ia pun menyesali perbuatannya dan mengakui bahwa permintaan maafnya tidak akan memulihkan keadaan kembali pulih sediakala.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu pemulihan pihak perempuan dari luka emosi, persalinan yang sehat, dan perawatan anak. Jika, kebetulan, sesuatu yang saya lakukan bertentangan dengan hukum dan saya harus bertanggung jawab, maka tentu saja saya akan bertanggung jawab," ujar Kim Yong-gun.

Aktor senior Korea Selatan yang juga ayah dari aktor Ha Jung-woo, Kim Yong-gun ini terjerat skandal. Pria 75 tahun itu digugat seorang perempuan berusia 39 dengan tudingan sang aktor meminta kehamilannya digugurkan alias aborsi.

Kim Yong-gun semula menentang kehamilan perempuan yang disebut sebagai A setelah pacarnya selama 13 tahun terakhir itu mengabarkan bahwa dirinya hamil.

Namun menurut kuasa hukum aktor tersebut, Kim Yong-gun berubah pikiran dan mendukung kehamilan itu. Akan tetapi aktor tersebut tak bisa menghubungi pacarnya selama dua bulan dan kemudian muncul gugatan.

Kim Yong-gun dan A diketahui telah berpacaran sejak 2008 dan keduanya disebut mulai bertengkar ketika Kim Yong-gun menentang kehamilan kekasihnya itu pada awal 2021.

Kim Yong-gun merupakan aktor kelahiran 8 Mei 1946. Ia telah berkecimpung dalam dunia akting sejak 1967 lewat KBS dan mulai bermain film pada 1969 hingga terakhir kali adalah Mr. Go pada 2013.

(nly/fjr/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK