Jason Momoa Ingin Dune Director's Cut Rilis di Bioskop

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 20:30 WIB
Aktor Jason Momoa menginginkan Dune versi director's cut menjadi film yang rilis di bioskop. Aktor Jason Momoa ingin Dune versi director's cut menjadi film yang rilis di bioskop. (Jean-Baptiste LACROIX / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Jason Momoa menginginkan Dune versi director's cut menjadi film yang rilis di bioskop. Ia mengaku ingin melihat visi sutradara Denis Villeneuve seutuhnya lewat Dune director's cut.

"Itu film yang keren. Anda tahu apa yang harus mereka lakukan? Mereka perlu membuat versi (Dune yang berdurasi) empat sampai enam jam untuk babak pertama," katanya kepada New York Times via NME.

Ia melanjutkan, "Bisa berkata 'Ayo nonton film berdurasi empat sampai lima jam seperti serial televisi. Saya bisa menontonnya kapan pun semuanya. Saya ingin melihat seluruh visi Denis. Saya tidak ingin itu dipotong."


Meski demikian, Momoa tidak menjelaskan secara pasti berapa durasi Dune director's cut. Sampai saat ini juga belum ada kepastian durasi Dune yang akan rilis di bioskop dari studio.

Director's cut merupakan istilah pada sebuah film yang secara khusus digarap sebagaimana dengan keinginan sutradara yang menggarap film tersebut. Seperti film Justice League Snyder's Cut yang rilis beberapa bulan lalu.

Kata 'cut' merujuk suatu proses penyuntingan atau pemotongan adegan yang biasa dilakukan dalam pembuatan film. Biasanya, pemotongan adegan dalam proses edit dilakukan dalam dua tahap.

Film yang tayang di bioskop umumnya mengalami banyak pemotongan adegan agar durasi tidak terlalu lama dan bisa tayang beberapa kali dalam satu hari. Pemotongan adegan ini seringkali tak sesuai dengan keinginan sutradara.

Film Dune merupakan adaptasi dari novel bertajuk sama karya Frank Herbert yang dirilis 1965 silam. Pada 1984, novel tersebut sudah sempat diadaptasi menjadi film yang disutradarai David Lynch.

Villeneuve mengakui bahwa cerita Dune memang sangat rumit sehingga sulit untuk merangkumnya dalam satu film. Ia lantas memutuskan untuk membuatnya menjadi dua bagian film.

Dune dijadwalkan tayang perdana di Venice International Film Festival 2021 yang berlangsung di Venesia, Italia, pada 1 sampai 11 September 2021. Setelah itu film ini akan tayang di bioskop.

[Gambas:Video CNN]



(adp/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK