Bikin Gaduh, Arief Muhammad Klarifikasi Kronologi Ikoy-ikoyan

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 17:36 WIB
YouTuber Arief Muhammad mengungkapkan klarifikasi awal mula program bagi hadiah, Ikoy-ikoyan, berawal. Arief Muhammad klarifikasi kronologi awal mula Ikoy-ikoyan setelah sempat bikin gaduh dan membuat sejumlah seleb terganggu (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sempat bikin gaduh di media sosial, YouTuber Arief Muhammad mengungkapkan klarifikasi soal ikoy-ikoyan alias bagi-bagi hadiah pada video bertajuk Ikoy-ikoyan yang diunggah pada kanal YouTube pribadi pada Rabu (4/8) sore.

Pada video berdurasi kurang dari 15 menit itu Arief menjelaskan kronologi ikoy-ikoyan atau hadiah yang diterima dari rekan bisnisnya. Ia mendapat satu unit Vespa Darling 66 berwarna merah.

Arief kemudian menjelaskan konsep ikoy-ikoyan yang belakangan menjadi perbincangan hangat di sosial media. Ia kerap memberikan hadiah dalam bentuk apa pun secara acak kepada follower yang meminta.


"Konsep itu sebenarnya berbagi kebahagiaan. Nah cuma belakangan ini mungkin karena jadi rame banget ya, jadi ada sedikit pro-kontra ada yang kontraknya itu mungkin bilang kadang bantuan itu enggak tepat sasaran gitu," kata Arief.

Ia melanjutkan, "Harusnya mungkin bisa dikasih ke yang lebih membutuhkan, fakir miskin gitu. Tapi sebenarnya menurut gue karena konsepnya itu berbagi kebahagian menurut gue untuk berbagi kebahagiaan itu enggak harus mengkotak-kotakkan."

Arief mencontohkan hal itu dengan memberikan mesin cuci kepada tetangga yang kerap mencuci pakaian dengan tangan sehingga melelahkan. Meski tetangganya tidak miskin, tidak ada salahnya memberikan hadiah yang membuatnya bahagia.

Ia menegaskan bahwa seharusnya kebahagiaan tidak memandang status seseorang miskin atau tidak. Lagi pula, katanya, kalau sudah rezeki tidak akan kemana dan pasti akan berlabuh pada orang tersebut.

"Ada lagi yang pro-kontra karena terganggu di-spam sama followers, itu gue setuju banget gue juga bisa relate. Karena memang dari awal gue tuh berkali-kali mengingatkan jangan spam, jangan bikin cerita-cerita sedih, jangan lebay," kata Arief.

Ia melanjutkan, "Kita santai saja santai saja, karena memang kan kita memang berbagi kebahagiaan dan jujur-jujuran saja. Menurut gue juga kalau emang sudah rezeki enggak bakal kemana ya."

Sebelumnya, sejumlah selebritas Indonesia mengeluh setelah ditagih ikoy-ikoyan oleh pengikutnya. Arief pun sudah meminta maaf pada selebritas yang terganggu karena hal yang ia inisiasi.

Kata ikoy sendiri merujuk pada nama asisten Arief, Rizqi Fadhilah, yang biasa dipanggil Ikoy. Ia adalah sosok yang biasa memproses bantuan atau pemberian untuk follower Arief.

[Gambas:Video CNN]



(tim/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK