Kritik dan Review Film yang Baik itu..

CNN Indonesia
Minggu, 29 Agu 2021 15:25 WIB
Beragam cara pandang dan pendapat jika kita bicara soal bagaimana review film atau kritik yang ideal, mulai dari ukuran subjektivitas hingga cara berargumen. Ilustrasi. Sejumlah pihak punya pendapat sendiri bagaimana review film yang baik. (Istockphoto/Jayesh)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada aksi ada reaksi. Ada film ada review, pujian, bahkan kritik. Begitulah dinamika ekosistem perfilman pada umumnya.

Namun, tak jarang review dan kritik dinilai 'salah' oleh filmmaker yang jadi sasaran, atau bahkan dari sesama reviewer atau pengulas film.

Lantas, review dan kritik film yang baik itu seperti apa ya? Mari kita simak pendapat beberapa pihak yang dihimpun oleh CNNIndonesia.com:

Seno Adi Gumira - Sastrawan/Ketua Dewan Kesenian Jakarta

Dalam hal ini kritik jurnalistik, diutamakan memberikan keterangan informasi di balik film itu. Jadi misalnya, "Home alone" itu dibuat bukan bulan Desember tapi kok ada saljunya. Itu jurnalisme film harusnya bisa memberi tahu soal itu, bahwa itu buatan dan ada teknik-tekniknya. Jadi lebih informatif.

Pendekatan yang benar adalah seorang kritikus itu bisa mengurai, bukan menilai. Jadi yang menilai itu menganggap film sebagai esensi, substansi yang bisa dinilai bagus atau tidak.

 



Andibachtiar Yusuf - Sutradara

Yang bisa kasi perspektif yang lain. Walau belum tentu juga si kritikus sadar sih dia sudah melakukan itu.

Misalnya gue pernah dibilang 'kegenitan, seperti memamerkan pengetahuannya yang spesifik itu. Kan jadi sadar kalau anu-anu.

Eric Sasono - Penulis Skenario Film

Kritik film itu adalah upaya untuk men-generate meaning dan sebenarnya generate meaning ini tidak hanya milik kritikus, penonton pun ketika menonton film juga men-generate meaning, memunculkan makna-makna dari satu film.

Nah bedanya adalah kritikus kemudian menuliskan, mengekspresikan,dan seterusnya.

Bagi saya (kritik film) harus cukup membangun argumentasi, ada pendapat yang dia sampaikan kemudian ada yang mendukung pendukung tersebut apakah itu data, ilustrasi, contoh.

Nah yang menurut saya baik adalah apabila dia bisa mensubstansiasi lewat film-film yang dia tonton, ada aspek-aspek formal yang dia bahas untuk membuktikan ini lah pendapat saya tentang film ini, kenapa dia begini.

Simak pendapat mengenai review film ideal lainnya di halaman berikutnya..

Jujur dan Argumen Pengiring, Kunci Review Film Baik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER