WAWANCARA EKSKLUSIF

Young K DAY6 Soal Eternal: Saya Ingin Bernyanyi Selamanya

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 13:30 WIB
Young K DAY6 mengatakan Eternal menceritakan keinginannya untuk terus bernyanyi, bermusik, dan memberikan kebahagiaan bagi fan dan pendengar. Young K DAY6 mengatakan Eternal menceritakan keinginannya untuk terus bernyanyi, bermusik, dan memberikan kebahagiaan bagi fan dan pendengar. (Foto: Arsip JYP Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Young K DAY6 resmi debut solo dengan merilis mini album Eternal pada Senin (6/9). Mini album tersebut memiliki tujuh lagu, termasuk Guard You yang menjadi lagu utama untuk debut solonya tersebut.

Kepada CNNIndonesia.com, Young K membagikan kisah di balik pembuatan mini album Eternal serta perasaannya mempromosikan musik terbarunya di atas panggung tanpa empat member DAY6 lainnya.

Tak hanya itu, Young K juga mengungkapkan perubahan dalam diri dan musiknya dalam enam tahun terakhir, terutama jelang merilis Eternal.


Musisi bernama lengkap Kang Young-hyun itu juga menuturkan harapannya dalam beberapa tahun mendatang.

Bisa tolong ceritakan tentang album Eternal?

Mini album solo pertama saya berjudul Eternal. Judulnya berasal kata Young. Nama Korea saya yaitu Young-hyun dan Young K. Itu memiliki arti selamanya.

Tapi, sebenarnya saya juga mendapatkan ide dari lagu utama saya 끝까지 안아 줄게 (Guard You). Saya membayangkan di mana akhirnya bagi saya atau bagaimana akhirnya? Saya berpikir semoga akhir itu tidak akan datang. Saya ingin terus bernyanyi untuk selamanya. Jadi saya pilih Eternal untuk judul album ini.

Apa yang sebenarnya ingin kamu perlihatkan lewat Eternal?

Tidak ada perbedaan besar dengan yang biasanya saya lakukan. Saya ingin kembali dengan musik bagus secepat mungkin. Saya kembali dengan membawa perasaan ini di hati saya.

Apa yang membuatmu memutuskan 끝까지 안아 줄게 sebagai lagu utama album ini?

Sebenarnya ketika saya atau DAY6 memilih lagu utama untuk album, kami tidak memikirkan dan menulis sebuah lagu sebagai lagu utama. Kami berusaha yang terbaik dalam menulis setiap lagu supaya bisa jadi lagu utama.

Dari lagu-lagu tersebut, kami berunding menentukan yang paling cocok jadi lagu utama album yang kami persiapkan, dan untuk album ini, 끝까지 안아 줄게 [Guard You].

Apa tantangan terbesar dalam mempersiapkan album ini?

Tantangan terbesar dalam mempersiapkan album ini adalah album itu sendiri. Ketika mempersiapkan album ini, banyak yang saya cemaskan dan pertimbangkan. Saya merasakan berbagai emosi dan memikirkan berbagai hal karena harus menyelesaikan album ini sendiri. Itu jadi sebuah beban bagi saya.

Lalu saya mempertanyakan siapa saya yang sebenarnya? Ketika mencoba menemukan jawaban, saya menyadari hal yang menjadi kekuatan saya, dan saya juga menyadari kelemahan saya.

Apakah semua lagu yang kamu tulis berdasarkan pengalaman pribadi?

Berbeda-beda setiap waktu. Tetapi kali ini, untuk lagu utama, saya mendengarkannya terlebih dahulu dan merangkai situasinya di pikiran saya.

Saya menulis sambil membayangkan bagaimana situasinya, dan untuk goodnight, dear saya menulis lagu itu karena acara siaran langsung.

Saat itu kami bahas bagaimana kalau membuat lagu pengantar tidur, atau saya menyanyikan lagu pengantar tidur. Saya tidak ingat dengan pasti. Tetapi saya ingat saya langsung menulis lagunya malam itu juga.

Young K DAY6Young K DAY6 debut solo dengan mini album Eternal. (Foto: Arsip JYP Entertainment)

Bagaimana perasaannya tampil di atas panggung tanpa member yang lain?

Memikirkan saya tampil seorang diri tanpa para member membuat saya merasa sangat gugup. Terutama ketika kami mempromosikan Right Through Me, kami bersiap-siap di ruang tunggu sambil melihat pertunjukan artis lain.

Itu buat saya berpikir, "Bagaimana bisa saya tampil seorang diri di sana?" Ini membuat saya sangat gugup. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana dan apa yang harus saya lakukan.

Karena itu, saya mungkin akan gugup dan tegang saat tampil. Tetapi saya berusaha melewati kegelisahan dan ketakutan dengan banyak berlatih.

Situasi ini juga menjadi kesempatan saya untuk tampil dengan anggota band lain. Itu membuat saya merasa lebih tenang.

Apa fokus utamamu dalam promosi album ini?

Seperti biasa, saya ingin mengakhiri masa promosi dengan sehat dan merasa sebahagia mungkin. Tujuan lainnya adalah, saya hanya ingin album ini dapat kalian nikmati dan membuat kalian senang.

Cerita Young K DAY6 perubahannya dalam enam tahun terakhir dan kedekatan dengan My Day...

My Day Tahu Semua Kebiasaan Young K

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK