Adegan Squid Game yang Diduga Plagiat Disiapkan Sejak 2008

tim, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 19:30 WIB
Di tengah kejayaannya, serial Squid Game diterpa isu dugaan plagiat dari film Jepang berjudul As The Gods Will. Di tengah kejayaannya, serial Squid Game diterpa isu dugaan plagiat dari film Jepang berjudul As The Gods Will. (Foto: Arsip Netflix via Twitter @netflixkr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Adegan dalam serial Netflix Squid Game dituduh meniru salah satu film Jepang berjudul As The Gods Will yang tayang pada 2014.

Sebelum tuduhan plagiat mengemuka di publik, sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk mengatakan bahwa serial tersebut telah dipersiapkan sejak 2008.

Ia juga mengatakan bahwa film dan serial dengan alur seperti Squid Game pun sudah pernah dibuat sebelumnya.


Dalam jumpa media virtual beberapa lalu, Hwang Dong-hyuk mengaku bahwa dirinya telah mempersiapkan cerita Squid Game sejak 2008. Ide tersebut muncul setelah ia sering datang ke toko komik dan ingin membuat serial seperti komik.

Namun naskah yang sejatinya sudah rampung pada 2009 silam itu tertunda pembuatannya karena banyak yang menganggap bahwa cerita Squid Game terlalu sadis.

Serial Squid Game sendiri mengisahkan 456 peserta yang mempertaruhkan nyawa demi memenangkan hadiah uang 45,6 miliar won.

Dalam merancang kompetisi tersebut, Hwang Dong-hyuk menyajikan permainan anak-anak Korea Selatan, salah satunya berjuluk 'Lampu Hijau, Lampu Merah' yang serupa dengan permainan Benteng.

Drama Korea Squid GamePermainan dalam drama Korea Squid Game (Foto: Arsip Netflix)

Permainan tersebut sengaja dipilih karena ia ingin menampilkan sesuatu bernuansa Korea.

"Saya ingin membuat drama survival yang sangat (bersuasana) Korea," Hwang Dong-hyuk seperti dilansir YTN pada Senin (23/8).

Namun dalam serial Squid Game, Dong-hyuk memodifikasi permainan tersebut menjadi sebuah arena pertumpahan darah.

Dalam permainan ini, para peserta yang ketahuan bergerak ketika seharusnya diam akan ditembak. Cipratan darah dari berbagai tubuh peserta tak terelakkan.

"Saat itu (penonton) tidak familier dengan sesuatu yang berisikan kekerasan dan serial itu tidak komersial. Jadi, akhirnya saya mengistirahatkan serial ini," katanya.

Simak adegan yang disebut sebagai hasil plagiat di halaman berikutnya..

Adegan yang Disebut Plagiat dari Film As the Gods Will

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK