9 Film Indonesia yang Mendunia, Catat Prestasi Internasional

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 09 Oct 2021 12:20 WIB
Beberapa film Indonesia yang mendunia berikut berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional. 'Kucumbu Tubuh Indahku' menjadi salah satu film Indonesia yang mendunia. (Fourcolours Films)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia sudah cukup malang melintang di dunia perfilman. Beberapa film Indonesia yang mendunia berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional.

Perfilman Indonesia sendiri telah mengalami perjalanan sejarah panjang. Loetoeng Kasaroeng (1926) tercatat sebagai film pertama yang diproduksi di Indonesia. Film bisu ini diproduksi oleh sutradara asal Belanda L. Heuveldorp dan G. Krugers.

Seiring berjalannya waktu, film Indonesia terus berkembang hingga sempat mencapai puncak pada era 1980-an. Kala itu, film-film Indonesia merajai layar-layar bioskop.


Sejak saat itu, industri film di Indonesia terus berkembang dan mengalami berbagai perubahan. Hingga saat ini, ratusan nomor film barangkali telah diproduksi di Indonesia. Beberapa film di antaranya bahkan berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional.

Tjut Nya' Dhien (1988) merupakan film Indonesia pertama yang diputar di salah satu ajang bergengsi, Cannes Film Festival.

Berikut beberapa film Indonesia yang mendunia.

1. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Marlina si Pembunuh dalam Empat BabakMarlina si Pembunuh dalam Empat Babak menjadi salah satu film Indonesia yang mendunia. (Cinesurya)

Sebelum ditayangkan di Indonesia, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak telah lebih dulu ditampilkan di berbagai festival film internasional. Mulai dari Cannes Film Festival, New Zealand International Film Festival, Melbourne Film Festival, dan Toronto International Film Festival.

Berkisah mengenai Marlina (Marsha Timothy), film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini mengangkat isu perempuan.

Marlina dikisahkan sebagai seorang janda yang melindungi dirinya dari ancaman pemerkosaan sekawanan perampok. Dia memenggal kepala bos perampok, Markus (Egi Fredly). Setelah peristiwa itu, Marlina melakukan perjalanan untuk mencari keadilan dan penebusan.

2. Sekala Niskala (2018)

Sekala NiskalaFilm Indonesia yang mendunia, Sekala Niskala, meraih sejumlah penghargaan internasional. (Fourcoulours Film via Imdb)

Sekala Niskala, film besutan sutradara Kamila Andini, tercatat memenangkan sejumlah penghargaan internasional sebagai film terbaik. Sebut saja Asian Pacific Screen Award, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Tokyo FILMeX International Film Festival, hingga Berlin International Film Festival.

Mengangkat relasi sepasang kembar identik, Sekala Niskala berkisah tentang Tantri (Ni Kadek Thaly Titi Kasih) dan Tantra (Ida Bagus Putu Radithya Mahijasena) yang hidup terpisah dalam kenyataan, tapi bersama dalam imajinasi.

Dikisahkan, Tantra didiagnosis mengalami penyakit mengerikan yang bisa membuat seluruh inderanya berhenti berfungsi. Hari-hari Tantra harus terus dihabiskan di rumah sakit.

Di waktu yang sama, Tantri yang berada di rumah, diam-diam merindukan kehadiran Tantra hingga sering termenung. Tanpa sadar, Tantri mengembangkan imajinasi yang kerap muncul di malam hari, di sini-lah kisah Sekala Niskala mulai bergulir.

Dalam imajinasinya, Tantri mengalami momen-momen sureal yang menyenangkan bersama Tantra. Namun sayang, momen itu akan selalu berakhir saat fajar tiba.

3. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film KUCUMBU TUBUH INDAHKUDisutradarai oleh Garin Nugroho, Kucumbu Tubuh Indahku juga menjadi film Indonesia yang mendunia. (Fourcolours Films)

Kucumbu Tubuh Indahku menjadi salah satu film Indonesia yang cukup kontroversial. Beberapa hari setelah penayangan perdana di layar bioskop Indonesia, muncul petisi yang menentang penayangan film karena dinilai tak sesuai dengan budaya Indonesia.

Film arahan sutradara kawakan Garin Nugroho ini berkisah mengenai seorang penari lengger dalam tradisi Reog. Ia menjadi gemblak dari seorang warok. Tradisi ini kerap dikaitkan dengan isu homoseksualitas.

Meski demikian, film ini berhasil menorehkan prestasi di berbagai festival film internasional. Film ini meraih penghargaan Bisato D'Oro Award dalam Venice Independent Film Critic dan Cultural Diversity Award dalam Asian Pasific Screen Awards. Film ini juga terpilih sebagai film terbaik dalam Festival Des 3 Continents.

Simak film Indonesia yang mendunia lainnya di halaman berikutnya...

9 Film Indonesia yang Mendunia, Catat Prestasi Internasional

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER