Eks Pengacara Ayah Taqy Malik Klaim Belum Terima Honor

CNN Indonesia
Kamis, 07 Oct 2021 14:00 WIB
Ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik, disebut belum melunasi kewajiban membayar honorarium pada eks pengacara yang mendampinginya. Ayah Taqy Malik disebut belum melunasi kewajibannya membayar honorarium pada eks pengacara yang mendampinginya di kasus dugaan pelecehan seksual. (Foto: Noel/detikfoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengacara M. Fayyadh mengklaim belum mendapat honor dari ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik, selama mendampingi mantan kliennya itu menempuh proses hukum.

Padahal ia merasa sudah memenuhi hak-hak Mansyardin sebagai klien, kala menghadapi kasus dugaan pelecehan seksual.

"Tinggal dia yang harus... hak-hak saya belum dipenuhi sama dia. Hak dia sebagai klien kepada penasihat hukumnya belum dia penuhi, yaitu hak honorarium yang belum diselesaikan oleh klien saya," katanya, Kamis (7/1).


Fayyadh menjelaskan apa yang ia minta kepada kliennya sudah sesuai dengan Undang-Undang. Sebagai advokat ia mengklaim sudah bekerja secara profesional sehingga berhak mendapat honor dari Mansyardin.

Ia menunggu respons dari Mansyardin untuk memberikan honor kepadanya. Namun, ia tidak segan menggugat Mansyardin bila tidak menyelesaikan masalah ini dengan memberikan honor.

"Kalau enggak ada penyelesaian sama sekali saya juga akan mengambil langkah-langkah hukum, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan gugatan perdata terkait kerugian materi yang saya alami," kata Fayyadh.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa selama mendampingi Mansyardin hanya mendapat uang operasional. Uang itu pun baru diberikan setelah Fayyadh meminta secara langsung, ia ragu akan diberikan bila tidak diminta.

"Kecil, masih di angka satu digit, itu operasionalnya lho," kata Fayyadh menjelaskan besaran uang operasional.

Senin (4/10) kemarin Fayyadh mengundurkan diri sebagai penasihat hukum Mansyardin. Ia merasa tersinggung karena Mansyardin melakukan sejumlah hal, salah satunya bertanya kepada kuasa hukum lain di luar tim.

"Ada beberapa hal yang bikin saya mengundurkan diri, satu di antaranya, dia (Mansyardin) selalu berperilaku yang melanggar etika advokat," ujarnya kala itu.

Mansyardin sendiri tengah menghadapi kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di rumah tangganya. Kasus ini berawal dari pengakuan istrinya, Marlina, mengenai apa yang dilakukan Mansyardin selama ini.

Kekerasan yang dimaksud adalah Mansyardin memaksa melakukan hubungan seksual yang tidak konsensual bagi Marlina semasa mereka menjadi pasangan suami-istri siri. Hal itu terjadi saat Marlina sedang datang bulan.

Marlina mengaku dinikahi secara siri oleh Mansyardin pada Juli. Ia menyebut Mansyardin mengaku kepadanya bahwa ia telah bercerai dari istri sekaligus ibu dari Taqy Malik. Mansyardin pun membantah semua tuduhan Marlina.

Berita lengkap bisa dibaca di sini.

(tim/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER