Media Korea Utara Pakai Squid Game untuk Kritik Korea Selatan

adp | CNN Indonesia
Kamis, 14 Oct 2021 09:45 WIB
Media Korea Utara menyebut Squid Game adalah potret masalah masyarakat Korea Selatan. Media Korea Utara menyebut Squid Game adalah potret masalah masyarakat Korea Selatan. (Foto: Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara menggunakan serial Squid Game untuk mengkritik Korea Selatan. Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu mengunggah artikel pada situs Arirang Meari yang membahas Squid Game.

Sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (12/10), artikel tersebut menjelaskan bahwa Squid Game menggambarkan kehidupan masyarakat Korea Selatan. Bahwa perilaku kurang ajar dan korupsi merupakan hal biasa di Negeri Ginseng itu.

"Squid Game menjadi populer di kalangan pemirsa karena menggali realitas masyarakat kapitalis dan Korea Selatan, di mana persaingan ekstrem untuk bertahan hidup dan keserakahan merajalela." bunyi salah satu kalimat dalam artikel tersebut.


"Penonton yang menonton serial TV tersebut berlatarkan masyarakat Korea Selatan dengan ketimpangan ekonomi yang parah, masyarakat Korea Selatan saat ini, di mana jumlah yang kalah dalam persaingan ketat seperti pekerjaan, real estate, dan saham meningkat drastis." lanjut tulisan tersebut.

Artikel tersebut kemudian menjelaskan bahwa alasan Squid Game bisa menjadi sangat hit karena sangat sesuai dengan kenyataan di Korea Selatan, seperti persaingan ketat untuk bertahan hidup dengan cara apa pun.

Squid Game sendiri mengisahkan orang-orang yang mengalami kegagalan dalam hidup karena berbagai alasan. Mereka mendapat undangan misterius untuk berpartisipasi dalam kompetisi dengan hadiah 45,6 miliar won atau sekitar Rp567,3 miliar.

Permainan berlangsung di lokasi yang tidak diketahui, peserta dikurung sampai ada pemenang. Mereka tidak bisa tiba-tiba berhenti di tengah jalan atau menolak peraturan permainan karena bisa membahayakan nyawa mereka.

Sepanjang permainan berlangsung, pemain yang kalah atau tidak bisa memenuhi tugas sampai waktu yang ditentukan langsung dibunuh oleh petugas permainan. Ada pula pemain yang saling membunuh demi mengurangi pesaing.

Reuters melaporkan bahwa artikel dalam situs itu mengutip pernyataan kritikus film Korea Selatan. Namun, situs Arirang Meari tidak menuliskan nama kritikus tersebut.

Kini Squid Game resmi menjadi serial terlaris di layanan streaming Netflix. Serial Korea itu disebut telah mengumpulkan lebih dari 111 juta akun global dalam 17 hari setelah resmi dirilis pada 17 September 2021.

Juru bicara Netflix mengonfirmasi hal itu dan mengatakan Squid Game berhasil melewati angka 100 juta dalam 28 hari pertama di Netflix. Netflix biasanya menggunakan perhitungan 28 hari untuk mengukur penampilan judul yang tayang.

Seperti dilansir CNN, beberapa catatan harus diperhatikan. Salah satunya adalah perhitungan berdasarkan jumlah akun yang menyaksikan serial itu setidaknya dua menit. Sehingga, bukan berarti 111 juta akun global itu selesai menonton Squid Game.

Angka tersebut membuat Squid Game berhasil menyalip Bridgerton yang sebelumnya mencetak rekor karena ditonton 82 juta akun dalam 28 hari penayangan setelah tayang jelang akhir 2020.

(adp/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER