CERITA DI BALIK LAYAR

Nia Dinata Ungkap Cerita dan Makna Judul Film A World Without

nly | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 20:00 WIB
Sutradara A World Without, Nia Dinata menyebut bahwa judul film tersebut mewakili apa yang ingin disampaikan dalam film. Foto: Arsip Netflix
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Nia Dinata menamai film terbarunya dengan judul A World Without. Ketika ditanya tentang artinya, Nia mengatakan bahwa judul tersebut tidak memiliki arti tertentu sehingga dapat bermakna apapun.

"Dilihat dari filosofinya, A World Without kan sebenarnya bisa apa aja, tentang dunia tanpa, jadi bisa itu dunia tanpa air bersih, tanpa udara bersih, bisa tanpa cinta, kasih sayang semua itu kan bisa," ujarnya dalam jumpa media pada Selasa (12/10) lalu.

"Jadi bayangkan dunia itu tanpa sesuatu yang paling kamu butuhkan dalam hidup, jadi siapapun bisa menentukan tanpanya, tanpa apa," lanjutnya.


Judul film terbarunya ini terbilang berbeda dengan film-film Nia DInata sebelumnya yang sebagian besar diberi judul dalam Bahasa Indonesia. Seperti Arisan (2003), Berbagi Suami (2006), Perempuan Punya Cerita (2007) dan Arisan 2 (2011).

Rupanya, Nia Dinata dan Lucky Kuswandi sebagai penulis mengatakan bahwa awalnya film itu juga diberi judul dalam Bahasa Indonesia, yakni Dunia Tanpa.

Setelah melakukan diskusi yang panjang dan mengingat film A World Without adalah film original Netflix, Nia dan Lucky sepakat untuk mengubah judulnya ke Bahasa Inggris.

"Akhirnya kami putuskan [diubah ke Bahasa Inggris] karena skripnya juga harus ditranslate ke Bahasa Inggris, dibaca oleh semua elemen kreatif di Netflix akhirnya kita terjemahkan ke Bahasa Inggris," ujar Nia Dinata.

Namun setelah diubah ke Bahasa Inggris, Nia mengatakan bahwa judul A World Without lebih sesuai dengan isu yang diangkat yakni tentang dunia di masa depan yang telah mengalami banyak perubahan.

Film A World Without secara garis besar bercerita tentang sebuah organisasi bernama The Light muncul pada 2030 setelah pandemi berakhir di Indonesia.

Organisasi misterius tersebut dikelola sepasang suami istri yang bernama Ali (Chicco Jerikho) dan Sofia Khan (Ayushita).

Tidak ada yang tahu tujuan The Light awalnya. Selama ini, mereka tampil dengan citra baik sebagai organisasi yang menempa anak-anak muda terbaik untuk menjadi agen perubahan di masa mendatang.

Ketenaran The Light membuat seorang remaja bernama Salina (Amanda) ingin bergabung dengan organisasi itu. Begitu pula dengan kedua sahabatnya yang bernama Tara (Asmara) dan Ulfah (Maizura).

Sinopsis film A World Without selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pemberdayaan Wanita dalam Produksi Film

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER