Kronologi Komika McDanny Dinilai Hujat Rizieq Shihab

Tim | CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 16:45 WIB
Komika McDanny dikecam karena dinilai menghujat Rizieq Shihab setelah videonya viral di media sosial. Kronologi Komika McDanny Dinilai Hujat Rizieq Shihab (Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komika McDanny dikecam karena dinilai menghujat Rizieq Shihab. Kecaman itu muncul setelah video McDanny di sebuah acara viral di media sosial beberapa waktu lalu. McDanny melontarkan sejumlah pernyataan dalam acara itu.

"Minum bir di Root's halal. Lebih halal dari sabu," kata McDanny.

"Terima kasih buat perempuan-perempuan yang berkerudung tapi kalian asik sekali," lanjutnya.


Setelah itu, ia melontarkan kalimat yang menjadi dasar permasalahan dan kecaman banyak netizen kepadanya saat ini.

"F*** Habib Rizieq," kata McDanny sambil tertawa berdasarkan video yang telah viral di media sosial itu.

Setelah melontarkan kalimat tersebut, pemilik nama lengkap Dani Jaya Wardhana menyadari perbuatannya tersebut mungkin bisa melanggar hukum. Ia pun langsung mengganti topik pembicaraanya.

"Kalau ada polisi gue kena nih," ujar McDanny seperti dilansir detikcom.

Video tersebut kemudian viral dan menimbulkan kecaman dari netizen. Tagar #TangkapMcDanny pun menggema di Twitter sejak beberapa waktu lalu.

Terpisah, pengacara eks pentolan FPI, Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengatakan pihaknya membuka kemungkinan untuk melaporkan McDanny ke polisi usai video itu beredar viral.

"Ya kemungkinan semacam itu [melaporkan ke polisi] bisa," kata Sugito kepada CNNIndonesia.com, Minggu (17/10).

Sugito mengatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan Rizieq Shihab terkait upaya menempuh jalur hukum tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan mengikuti arahan Rizieq soal langkah hukum terhadap McDanny.

"Kami akan koordinasi dulu. Karena sebagai pihak yang dirugikan kan Habib Rizieq. Kita sebagai penasihat hukum," kata dia.

Sugito menilai pernyataan McDanny tergolong sebagai penghinaan terhadap ulama. Baginya, tindakan tersebut sangat keterlaluan.

McDanny merupakan komika yang mengawali kariernya di acara Stand Up Comedy Show. Ia sempat membintangi sejumlah film, di antaranya Marmut Merah Jambu (2014), Bajaj Bajuri The Movie (2014), Koala Kumal (2016), Yowis Ben (2019), dan Bisikan Arwah Mantan (2021).

Pada 31 Agustus 2019, ia sempat ditangkap karena kasus penyalahgunaan narkoba.

(fby/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER