Komikus DC Keluar Usai Superman Biseksual dan Ganti Moto

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 21:41 WIB
Komikus DC Comics Gabe Eltaeb mengundurkan diri setelah Superman mengalami sejumlah perubahan, seperti menjadi biseksual serta mengubah moto ikonisnya. Komikus DC Comics Gabe Eltaeb mengundurkan diri setelah Superman mengalami sejumlah perubahan, seperti menjadi biseksual serta mengubah moto ikonisnya. Foto: (dok. DC Comics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komikus DC Comics Gabe Eltaeb mengundurkan diri dengan tidak memperbarui kontrak setelah Superman mengalami sejumlah perubahan, seperti menjadi biseksual serta mengubah moto ikonisnya.

"Saya menyelesaikan kontrak dengan DC. Saya lelah dengan omong kosong ini," kata Eltaeb dalam podcast yang dipandu mantan komikus DC Comics, Ethan Van Sciver, seperti dilansir ScreenRant pada Kamis (21/10).

Ia lelah dengan kelakuan DC Comics yang menurutnya merusak karakter Superman. Eltaeb juga merasa bahwa petinggi salah satu penerbit komik terbesar di dunia itu tidak memiliki hak untuk mengubah karakter.


Salah satu perubahan yang terjadi adalah membuat Superman menjadi biseksual. Superman baru, Jonathan Kent, disebut akan menjalin kasih dengan temannya, Jay Nakamura.

Hal tersebut akan dituangkan dalam komik bertajuk Superman: Son of Kal_El #5. Jon dikisahkan akan menjalin hubungan spesial dengan teman laki-lakinya yang bernama Jay Nakamura.

Mengenai detail jalan cerita, hal itu akan terungkap pada November 2021. Namun, berdasarkan gambar yang telah beredar, Jon dan Jay terlihat duduk bersama dan berciuman di atas gedung.

Bukan hanya itu, Eltaeb juga menyatakan tidak suka dengan pengubahan moto Superman. Ia menjelaskan kala itu moto ikonis yang berbunyi 'Truth, Justice and the American Way' diganti menjadi 'Truth. Justice. And a Better World.'

Ia mengaku sangat kesal dengan perilaku DC Comics yang tidak mendengarkan atau menghargai pendapat orang lain. Eltaeb bahkan sudah memendam rasa kesal terhadap DC Comics sejak lima tahun belakangan.

Dalam acara DC FanDome pada akhir pekan lalu (16/10), Chief Creative Officer and Publisher DC Jim Lee mengonfirmasi perubahan moto dari 'Truth, Justice and the American Way' menjadi 'Truth, Justice and a Better Tomorrow.'

"Dan untuk menghormati warisan luar biasa Superman selama lebih dari 80 tahun dalam membangun dunia yang lebih baik, moto Superman berkembang," kata Lee dalam acara tersebut.

Penjelasan Lee berlanjut, "Superman telah lama menjadi simbol harapan yang menginspirasi orang, dan optimisme serta harapan itulah yang membuatnya maju dengan pernyataan baru ini."

Frasa 'Truth, Justice and the American Way' sebagai moto Superman sudah dikumandangkan sejak karakter itu muncul di radio pada 1940an dan televisi pada 1950an. Namun, banyak penggemar yang mengaitkan moto itu dengan komik.

(adp/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER