7 Urban Legend Terkenal di Indonesia

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 18:25 WIB
Salah satu cerita rakyat yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia adalah cerita legenda perkotaan atau urban legend. Salah satu cerita rakyat yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia adalah cerita legenda perkotaan atau urban legend. (iStockphoto/Zeferli)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu cerita rakyat yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia adalah cerita legenda perkotaan atau urban legend. Biasanya, kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, bahkan kisah moral.

Menurut penelitian Anas Ahmadi dari Universitas Negeri Surabaya, urban legend menjadi salah satu yang dicakup folklor hantu atau ghostlore. Dalam konteks urban legend, cerita hantu menempati rumah sakit, rumah makan, kampus, pabrik, jembatan, dan mal.

Hal itu ditulis Anas dalam penelitian bertajuk Legenda Hantu Kampus di Surabaya: Kajian Folklor Hantu (Ghostlore) Kontemporer dan diterbitkan dalam buku Folklore Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi (2013) yang disunting oleh Dr Suwardi Endraswara, M.Hum.


Kisah-kisah misteri urban legend yang masih diingat masyarakat saat ini salah satunya adalah soal hantu kuntilanak merah di terowongan Casablanca dan cerita kolor ijo.

Berikut beberapa cerita urban legend yang terkenal.

1. Terowongan Casablanca

Terowongan yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ini merupakan salah satu lokasi yang dianggap angker.

Menurut kisah yang berkembang di masyarakat, tempat ini menjadi lokasi bunuh diri seorang lelaki paruh baya yang tidak diketahui namanya. Ia mati gantung diri menggunakan kain bekas spanduk.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa di lokasi terdapat hantu kuntilanak merah. Hantu ini sering mengganggu pengguna jalan.

Kabarnya, pengguna jalan wajib membunyikan klakson sebanyak tiga kali saat melewati terowongan ini. Hal ini bertujuan agar si pengguna jalan tidak mengalami kecelakaan.

Reputasi mistis dari terowongan ini bahkan telah diangkat ke layar lebar dalam film berjudul Terowongan Casablanca (2007).

Terowongan CasablancaReputasi mistis dari Terowongan Casablanca pernah diangkat ke layar lebar dalam film berjudul Terowongan Casablanca (2007). (dok. Indika Entertainment via Imdb)

2. Hantu Jeruk Purut

Kisah hantu tanpa kepala yang bergentayangan di Pemakaman Jeruk Purut merupakan salah satu cerita urban legend yang berkembang di Jakarta.

Menurut cerita warga, hantu tanpa kepala itu dulunya adalah seorang pastor yang hidup pada masa kolonial Belanda. Ia dibunuh dan kini menjadi arwah gentayangan.

Hantu ini disebut sering menampakkan diri berkeliling di kuburan pada malam hari sambil menenteng kepalanya sendiri. Konon ia mencari kuburannya yang ternyata tidak kunjung ditemukan.

Kisah ini kemudian diangkat dalam film Hantu Jeruk Purut yang dirilis pada 2006.

3. Mr. Gepeng

Cerita lain yang berkaitan dengan urban legend di Jakarta datang dari cerita hantu Mr. Gepeng yang pernah viral pada dekade 90-an.

Konon, hantu Mr. Gepeng adalah jelmaan seorang lelaki kaya raya yang mengalami kecelakaan di dalam lift hingga menyebabkan tubuhnya menjadi gepeng dan tewas seketika di tempat.

Namun ada pula yang menyebut bahwa pria tersebut tewas karena terlindas buldoser sehingga tubuhnya gepeng dan tidak berbentuk sempurna lagi.

Kisah ini bergulir dengan cepat hingga menyebar ke semua daerah. Hingga akhirnya ada rumor yang mengatakan bahwa sosok Mr. Gepeng dapat dipanggil dengan cara tertentu.

lanjut ke sebelah...

Urban Legend Terkenal di Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER