Kisah Hantu dari Aceh ke Papua: Mirip, Serupa, Tapi Tak Sama

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 20:27 WIB
Indonesia terbilang memiliki koleksi cerita hantu yang sangat beragam, setiap daerah punya keunikannya tapi banyak pula yang serupa. Ilustrasi. Indonesia terbilang memiliki koleksi cerita hantu yang sangat beragam, setiap daerah punya keunikannya tapi banyak pula yang serupa. (iStockphoto/Klubovy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia terbilang memiliki koleksi cerita hantu yang sangat beragam, mulai dari hantu orang Bunian di Aceh hingga hantu burung yang disebut dengan Suanggi atau Swangi di Papua. 

Tak heran jika cerita hantu dan mitologi setiap daerah memiliki keistimewaan tersendiri.

Menurut Guru Besar Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada Heddy Shri Ahimsa-Putra, hal itu disebabkan oleh perbedaan lingkungan di masing-masing wilayah Indonesia.


"Jadi ada cerita-cerita [hantu] di daerah tertentu yang tidak kita temukan di daerah lain karena memang khas daerah itu sebagai hasil masyarakat berhubungan dengan lingkungannya dan pengalaman sejarah mereka," ujar Heddy.

Hal ini pula yang menyebabkan hantu orang Belanda banyak sekali di ditemukan di masyarakat Jawa, tapi jarang di daerah lain. Seperti di Surabaya yang memiliki banyak cerita horor hantu Belanda karena koleksi bangunan tua, sementara di Kalimantan tak ada kisah serupa, kata Heddy.

"Karena pengalaman sejarahnya berbeda, dan adaptasi lingkungan yang berbeda," ujar Heddy. "Karena proses peradaban Jawa kan sudah sangat panjang sehingga pengalaman sejarahnya lebih banyak,"

"Nah pengalaman sejarah yang lebih banyak ini menghasilkan cerita yang lebih banyak lagi. Kalau ke Papua enggak banyak cerita horor, yang banyak mitos-mitos, klan," katanya.

Lalu Heddy mencontohkan hantu leak. Menurut sejarah, leak berasal dari penganut Hindu di Jawa era Kerajaan Majapahit.

Setelah Kerajaan Majapahit runtuh pada 1478, penganut Hindu menetap di Bali dan cerita tentang Leak berkembang di Bali dan kini menjadi khas wilayah itu.

Kendati demikian, beberapa wilayah Indonesia juga dihuni oleh hantu-hantu yang serupa. Salah satunya hantu kuntilanak yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu versi sejarah menyebut hantu kuntilanak berasal dari kota Pontianak. Konon sejak masih berupa hutan, kota tersebut dihuni oleh kuntilanak.

Warga lokal sering menyebutnya dengan nama hantu puntianak yang merupakan singkatan dari perempuan mati beranak. Karenanya, kota itu lalu disebut dengan Pontianak.

Tak hanya di Pontianak, cerita tentang kuntilanak juga ditemui di tempat lainnya di Indonesia.

lanjut ke sebelah..

Sebab Banyak Serupa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER