Hayao Miyazaki Bersiap Kembali Lewat Film Baru, How Do You Live?

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 26 Nov 2021 09:15 WIB
Salah satu pendiri Studio Ghibli Hayao Miyazaki bersiap kembali lewat film baru, How Do You Live?, usai menyatakan pensiun pada 2013. Salah satu pendiri Studio Ghibli Hayao Miyazaki bersiap kembali lewat film baru, How Do You Live?, usai menyatakan pensiun pada 2013. (Foto: YOSHIKAZU TSUNO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara animasi sekaligus salah satu pendiri Studio Ghibli Hayao Miyazaki bersiap membuat film baru dalam waktu dekat. Film tersebut menjadi tanda Hayao Miyazaki kembali dari masa pensiunnya.

Seperti diberitakan New York Times beberapa waktu lalu, Hayao Miyazaki bakal mengarahkan pembuatan film bertajuk How Do You Live?. Film tersebut merupakan hasil adaptasi novel bertajuk serupa karya Genzaburo Yoshino.

"Karena saya ingin melakukannya (membuat film baru)," kata Hayao Miyazaki.


How Do You Live akan menjadi film panjang pertama Hayao Miyazaki setelah menyatakan pensiun pada 2013. Kala itu, The Wind Rises dinyatakan sebagai film terakhir yang dibuat Hayao Miyazaki.

Namun, ia sebelumnya sempat membuat film pendek bertajuk Boro the Cartepillar pada 2018 untuk museum Ghibli. Hayao berperan sebagai sutradara dan produser untuk film tersebut.

Walau Hayao Miyazaki pensiun, bukan berarti Studio Ghibli berhenti memproduksi film. Pada 2013, Studio Ghibli juga merilis The Tale of the Princess Kaguya yang diarahkan Isao Takahata.

Kemudian pada 2014 tayang When Marnie was There yang diarahkan Hiromasa Yonebayashi. Tetapi, Studio Ghibli tak merilis film baru dalam enam tahun hingga menayangkan Earwig and the Witch yang diarahkan Goro Miyazaki, anak Hayao Miyazaki.

Studio Ghibli sudah mengumumkan How Do You Live? sejak 2017 lalu dan langsung disambut para penggemar Studio Ghibli karena sebelumnya, Hayao sempat memutuskan untuk pensiun.

Sebelumnya, Produser Toshio Suzuki mengatakan proses penggarapan How Do You Live? mengingatkannya pada pembuatan My Neighbor Totoro. Film tersebut dibuat oleh delapan animator selama delapan bulan.

Sementara itu, How Do You Live? digarap 60 animator, tapi dalam satu bulan mereka hanya berhasil membuat adegan berdurasi satu menit. Dengan begitu, dalam satu tahun mereka hanya bisa membuat adegan berdurasi 12 menit.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 tidak mengganggu produksi film animasi Studio Ghibli. Saat ini, mereka masih berada di tahap penggambaran yang membutuhkan waktu beberapa tahun untuk rampung.

Lihat Juga :
20 Tahun Spirited Away
Review Film: Spirited Away

"Kami sudah mengerjakan film ini tiga tahun, jadi sejauh ini sudah selesai 36 menit. Kami berharap bisa menyelesaikan film ini tiga tahun lagi," kata Toshio.

How Do You Live? mengisahkan seorang anak laki-laki berusia 15 tahun di Tokyo yang ayahnya baru saja meninggal. Dia menatap kota dan merasa kewalahan dan mulai mengalami krisis eksistensial.

(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER