REVIEW ALBUM

Restrospeksi Kehidupan 30-an dalam Album 30 Adele

Endro Priherdityo | CNN Indonesia
Minggu, 28 Nov 2021 10:18 WIB
Review album 30 Adele menyebut musisi itu jauh lebih dewasa dalam album ini, baik secara konten lirik, melodi, hingga konsep secara keseluruhan. Review album 30 Adele menyebut musisi itu jauh lebih dewasa dalam album ini, baik secara konten lirik, melodi, hingga konsep secara keseluruhan. (Arsip Adele via Twitter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menelusuri 12 lagu dalam album 30 dari Adele seolah menyusuri jalanan kota saat larut malam yang sepi, ditemani sesekali kendaraan yang lewat dan lampu jalan yang meledek kesendirian juga kesepian mereka yang melewatinya.

Atau, album ini membuat mereka yang mendengar mengenang kembali berbagai kesalahan baik dalam hidup ataupun hubungan cinta yang pernah dilalui, dalam perjalanan di kendaraan atau di bar favorit.

Selusin lagu di album ini membuat hidup usia 30-an yang dulu dibayangkan bakal bahagia semasa 'muda' terasa begitu getir karena berbagai permasalahan dan realitas yang tak semanis angan-angan.


Album 30 yang dirilis Adele setelah enam tahun ini adalah karya paling retrospektif, personal, emosional, namun sekaligus memberikan semangat yang rasional atas berbagai momen naik-turun dalam kehidupan.

Hal ini jelas berbeda dengan dua album sebelumnya, 21 dan 25, yang mengantarkan Adele meraih Album of the Year pada Grammy Awards. Dua album itu masih berkutat akan hubungan cinta yang putus-nyambung, bucinalias 'budak cinta', dan kekonyolan cinta di masa muda.

Adele juga jauh lebih dewasa dalam 30, baik secara konten lirik, melodi, hingga konsep secara keseluruhan.

Ambil contoh My Little Love. Lagu untuk sang anak, Angelo, ini terasa seperti melihat fail pribadi berisi percakapan Adele dengan sang anak soal kekhawatiran penyanyi itu kala diterpa banyak masalah hingga merasa bersalah kepada anaknya.

"I'm so far gone and you're the only one who can save mе"

"I wanted you to have everything I never had/I'm so sorry if what I've done makes you feel sad"

Belum lagi outro berisi suara Adele yang berisi segala kecemasan, kesedihan, serta kesepian yang ia rasakan. Dalam hal ini, Adele bisa saja terinspirasi dari album favoritnya, Lemonade karya Beyonce, yang juga berisi rekaman suara hingga terasa personal.

lanjut ke sebelah...

 

[Gambas:Youtube]



Review Album: 30

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER