Istri Ungkap Kondisi Pak Ogah Kembali Memburuk

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 13:38 WIB
Sang istri, Yuyun, mengungkapkan kondisi kesehatan Pak Ogah memburuk dalam dua hari terakhir. Sang istri, Yuyun, mengungkapkan kondisi kesehatan Pak Ogah memburuk dalam dua hari terakhir. Istri Ungkap Kondisi Pak Ogah Memburuk(Foto: Tangkapan layar facebook Eyang Ogah)

Guna mencegah Pak Ogah sewaktu-waktu memberontak, Yuyun akhirnya menyewa beberapa orang untuk ikut menjaga suaminya di rumah sakit. Mereka dibayar menggunakan uang donasi yang terkumpul.

"Ya 3 kadang-kadang 4 [orang], dan ganti orang, nanti ibu kasih Rp100 ribu, dari pagi sampai jam 8 malam, terus nanti diganti lagi, kalau dua orang enggak cukup, kalau sudah teriak sampai satu lantai keluar," kata Yuyun.

Sementara itu, Yuyun mengatakan biaya perawatan Pak Ogah di rumah sakit telah ditanggung BPJS Kesehatan. Selain itu, biaya obat-obatan yang dibutuhkan Pak Ogah juga telah ditanggung uang deposit.


"Jadi rumah sakit sama BPJS Kesehatan sudah dibayarin, banyak yang nanya alhamdulillah, untuk obat juga udah ada yang deposit Rp20 juta. Cuma sekarang ini buat yang jaga, karena yang jaga siang-malam ganti, gantian aja gitu, tiga empat orang," kata Yuyun.

Sebelumnya, Pak Ogah kini dirawat di Rumah Sakit Kartika Husada, Jatiasih, Bekasi. Ia didiagnosis penyumbatan dan penggumpalan darah di otak.

Kondisi tersebut telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Yuyun, istri Pak Ogah menyebut kondisi penyakit itu membuat sang aktor tak bisa berkomunikasi dengan lancar dan berjalan pun mesti dipapah.

Saat di rawat di rumah sakit, Pak Ogah sempat memberontak karena ingin segera pulang. Pak Ogah lalu terpaksa diperbolehkan pulang setelah dirawat selama beberapa hari.

Setelah itu, Pak Ogah kembali dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatan yang menurun. Ia lalu didiagnosis mengidap batu ginjal dan batu empedu. Namun Pak Ogah kembali memberontak hingga akhirnya dibawa pulang ke rumah.

Pada akhir Desember 2021, Pak Ogah kembali dilarikan ke rumah sakit. Namun Pak Ogah lagi-lagi memberontak hingga mencabut alat infus. Tak hanya itu, ia pun berbicara tidak jelas. Pada awal Januari, Pak Ogah dibawa pulang ke rumah meski keadaannya belum membaik.

Usai kembali dari rumah sakit, Pak Ogah disebut sulit makan dan tidur secara tidak teratur. Ia juga tidak bisa membedakan waktu siang dan malam.

Abdul Hamid mulai dikenal lewat Si Unyil yang tayang pertama kali di TVRI pada 1981 sampai 1983. Pak Ogah memiliki porsi yang cukup banyak dalam Si Unyil dan menjadi terkenal hingga sekarang.

(nly/chri)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER