Warisan Prince Ditetapkan Senilai Rp2,2 T Usai 6 Tahun Sengketa

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 01:47 WIB
Setelah bersengketa selama enam tahun, nilai warisan mendiang penyanyi Prince akhirnya disepakati semua pihak terkait. Setelah bersengketa selama enam tahun, nilai warisan mendiang penyanyi Prince akhirnya disepakati semua pihak terkait. (AFP/Patrick Hertzog)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah bersengketa selama enam tahun, nilai warisan mendiang penyanyi Prince akhirnya disepakati semua pihak terkait. Nilai warisan Prince ditetapkan sebesar US$156,4 juta atau setara dengan Rp2,24 triliun (US$1=Rp14.324).

Dilaporkan Entertainment Weekly pada Senin (16/1) waktu AS, kesepakatan tersebut terjadi antara The Internal Revenue Service (IRS) dan pengelola warisan Prince, Comerica Bank and Trust.

Angka tersebut berbeda dibanding jumlah yang sebelumnya diklaim masing-masing lembaga. Comerica mengklaim sebelumnya warisan Prince hanya senilai US$82,3 juta. Sementara IRS mengklaim kekayaan Prince mencapai US$163,2 juta.


Kini, kekayaan Prince telah disepakati oleh IRC dan Comerica, serta mendapatkan persetujuan dari ahli waris musisi tersebut. Menurut laporan Star Tribune, pembagian warisan Prince kemudian bisa mulai dilakukan pada Februari nanti.

Tercatat dalam kesepakatan tersebut, ahli waris Prince jatuh kepada tiga saudara tertua Prince dan Primary Wave, perusahaan musik independen.

Charles F. Spicer Jr., penasihat hukum yang ditunjuk pengadilan untuk mendampingi ahli waris menyampaikan bahwa keluarga Prince senang karena sengketa yang terjadi telah menemukan solusi.

"Kami mengupayakan kepentingan terbaik bagi para penggemar (dan) memastikan bahwa warisan Prince tetap ada untuk generasi mendatang," ucap Prince.

Prince meninggal pada bulan April 2016 di umur 57. Ia mengalami overdosis fentanyl yang tidak disengaja dan ditemukan wafat di rumahnya di Minnesota.

Sebelum kepergiannya, Prince tak meninggalkan surat wasiat dan properti miliknya diklaim oleh Tyka Nelson sang adik serta lima saudara tiri lainnya.

Prince terkenal sebagai rockstar pelantun lagu Purple Rain yang legendaris. Purple Rain menjadi salah satu lagu paling fenomenal sepanjang masa dan menduduki peringkat 18 dalam 500 Greatest Songs of All Time versi Rolling Stones.

Ia juga menjadi salah satu dari sedikit penyanyi elite yang pernah tampil di panggung bergengsi Super Bowl Halftime Show pada tahun 2007.

[Gambas:Youtube]



(frl/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER