Alec Baldwin Digugat Keluarga Marinir soal Pencemaran Nama Baik

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 20:50 WIB
Alec Baldwin digugat atas dugaan pencemaran nama baik keluarga seorang marinir terkait kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari 2021. Foto: REUTERS/Carlo Allegri
Jakarta, CNN Indonesia --

Alec Baldwin digugat atas dugaan pencemaran nama baik dan kelalaian ke Pengadilan Distrik Wyoming. Ia digugat keluarga seorang marinir setelah menuturkan saudara perempuan tentara itu terlibat kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari 2021.

Berdasarkan berkas pengadilan seperti dilansir CNN pada Jumat (21/1), keluarga marinir tersebut juga menuntut US$25 juta atau sekitar Rp357,9 miliar (US$1= Rp14.316) dalam kasus tersebut.

Kasus ini bermula setelah Alec Baldwin memberikan US$5 ribu atau sekitar Rp71,5 juta (US$1= Rp14.316) untuk Jiennah McCollum, istri mendiang Kopral Marinir AS Rylee J McCollum.


Kopral Rylee merupakan salah satu tentara yang terbunuh akibat bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan pada 26 Agustus 2021.

Ia mengirimkan cek tersebut kepada Roice McCollum, saudara perempuan Kopral Rylee, setelah mengetahui akun GoFundMe yang dibuat untuk Jiennah. Berdasarkan berkas gugatan, cek itu ditulis dengan keterangan 'Penghormatan kepada Prajurit yang Gugur.'

Namun, pada Senin (3/1), Roice mengunggah foto kerumunan pedemo di Monumen Washington di akun Instagramnya, memperingati satu tahun dirinya ikut demo di Washington, DC.

Pada 6 Januari 2021, banyak orang melakukan protes pelantikan Joe Biden.

Unggahan itu, dalam gugatan, dilihat Baldwin dan sang aktor mulai mengirimkan pesan kepada Roice.

"Ketika saya mengirimkan $ untuk mendiang saudara laki-lakimu, itu untuk menghormati pengabdiannya kepada negara ini, saya tidak tahu bahwa kamu adalah perusuh 6 Januari," pesan Baldwin berdasarkan gugatan.

Gugatan tersebut mengatakan Roice tidak pernah ditahan, didakwa atau dihukum atas keikutsertaan unjuk rasa pada 6 Januari. Tak hanya itu, unjuk rasa juga hal legal di AS.

Namun, Baldwin mengatakan tindakan Roice mengakibatkan perusakan properti pemerintah yang melanggar hukum, kematian seorang petugas penegak hukum.

"Saya mengunggah ulang fotomu. Good luck," jawab Alec Baldwin.

Tak lama setelah Baldwin mengunggah ulang foto itu, Roice langsung mendapatkan pesan kebencian dan agresif dari warganet.

Oleh sebab itu, keluarga marinir AS tersebut kemudian menggugat Alec Baldwin, meminta pertanggungjawaban tuduhan pencemaran nama baik mereka.

(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER