Shilpa Shetty Bebas Tuduhan Cabul Usai 15 Tahun

CNN Indonesia
Rabu, 26 Jan 2022 06:14 WIB
Aktris India Shilpa Shetty secara resmi bebas dari tuduhan cabul yang menerpanya pada 2007 silam akibat dicium oleh Richard Gere. Aktris India Shilpa Shetty secara resmi bebas dari tuduhan cabul yang menerpanya pada 2007 silam akibat dicium oleh Richard Gere. (AFP/SUJIT JAISWAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris Bollywood Shilpa Shetty secara resmi bebas dari tuduhan cabul yang menerpanya pada 2007 silam. Kala itu, bintang Hollywood Richard Gere menciumnya secara terbuka di acara kesadaran AIDS 15 tahun lalu.

Insiden tersebut membuat kelompok radikal Hindu geram hingga membakar patung kedua selebriti tersebut, sebagai bentuk protes lantaran keduanya dianggap menghina nilai luhur India.

Hakim kemudian mengeluarkan surat penangkapan dan keduanya dituduh melakukan berbagai tindakan cabul dan tidak senonoh.


Tuduhan yang menimpa Richard Gere dapat dibatalkan dengan cepat. Namun, hal berbeda dialami oleh Shetty karena tuduhannya mendekam selama lebih dari satu dekade.

Akhirnya, tuduhan tersebut diselesaikan di Mumbai pekan lalu seperti diberitakan AFP pada Selasa (25/1) waktu Indonesia.

Dalam keputusan pengadilan yang diumumkan pada Selasa (18/1), hakim mengatakan tuduhan terhadap sang aktris tidak berdasar dan dia justru mendapat perlakuan yang tidak diinginkan dari bintang Hollywood tersebut.

"Sepertinya... Shilpa Shetty adalah korban dari dugaan perbuatan terdakwa No. 1 (Richard Gere)," kata Hakim seperti diberitakan AFP.

Pengacara Shetty juga menegaskan bahwa kasus ini didasarkan pada fakta yang menyebutkan bahwa "dia tidak memprotes saat dicium oleh rekan tertuduh".

Cuplikan video dari kejadian pada 2007 tersebut menunjukkan Gere secara spontan mencium tangan Shetty, kemudian memeluknya, dan berkali-kali mencium pipinya saat mereka berada di tengah panggung.

Hingga saat ini, Shetty belum mengeluarkan pernyataan resmi yang menanggapi hasil pengadilan tersebut.

Pada 2007 silam, ia membela tindakan Gere dan menyalahkan orang-orang India atas keributan tersebut.

Richard Gere kemudian meminta maaf atas tindakannya, mengakui bahwa ia berupaya menunjukkan bahwa berciuman adalah aktivitas yang aman dan tidak menyebarkan AIDS.

Shilpa Shetty merupakan seorang aktris India yang terkenal lewat debutnya di film thriller berjudul Baazigar (1993).

Kariernya melejit setelah ia tampil di film Dhadkan (2000), dan mendapat banyak pujian saat memerankan seorang wanita karier yang mengidap AIDS dalam Phir Milenge (2004).

Ia juga terkenal di luar India lewat penampilannya dalam program TV Celebrity Big Brother pada 2007. Program ini dilanda skandal setelah Shetty menjadi korban intimidasi rasis oleh kontestan lain.

Sementara itu, Richard Gere merupakan seorang aktor Hollywood yang terkenal lewat beberapa film, seperti Pretty Woman (1990), Unfaithful (2002), dan Hachi: A Dog's Tale (2009).

(AFP, frl/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER