Sinopsis Ranah 3 Warna, Perjuangan Gapai Mimpi Belajar di Luar Negeri

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 07:02 WIB
Ranah 3 Warna menjadi film adaptasi novel milik Ahmad Fuadi yang kedua setelah Negeri 5 Menara. Ranah 3 Warna menjadi film adaptasi novel milik Ahmad Fuadi yang kedua setelah Negeri 5 Menara. (dok. MNC Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ranah 3 Warna merupakan film drama Indonesia garapan sutradara Guntur Soeharjanto yang diadaptasi melalui novel berjudul serupa karya Ahmad Fuadi. Berikut sinopsis Ranah 3 Warna.

Inti cerita dari film ini berkisah pada ketiga pemeran utama yakni Alif Fikri (Arbani Yasiz), Randai (Teuku Rassya), serta Raisa (Amanda Rawles).

Alif dan Randai merupakan sahabat satu kampung yang kerap terlibat dalam persaingan tak langsung, karena Alif tak merasa jika ia ingin bersaing dengan kawannya tersebut.

Namun di satu sisi, Randai selalu berhasil mendapatkan hal yang diimpikan oleh Alif, sehingga Alif merasa jika ia hidup dalam bayang-bayang Randai sepanjang hidupnya.

Persaingan tak langsung ini berlanjut ketika keduanya mulai memasuki bangku kuliah.

Alif yang sejak kecil bercita-cita untuk masuk ke ITB harus merelakan pencapaian Randai yang justru memasuki kampus impiannya tersebut.Kini Alif menuntut ilmu di UNPAD, kampus ternama lain di kota Bandung.

Meski sedikit menyesal karena tak berhasil diterima ITB, UNPAD justru menjadi tempat Alif bertemu dengan Raisa yang kelak menjadi tambatan hatinya.

Namun ia memilih untuk memendam perasaan tersebut dan berfokus pada tujuan hidupnya untuk menempuh pendidikan ke luar Indonesia. Alif memiliki prinsip kuat untuk menjadi seperti idolanya, B.J Habibie.

Di sisi lain, Randai ternyata juga mengenali Raisa. Dengan kepribadian dan watak yang cakap dan cekatan, Randai pun saling menaruh hati dengan Raisa.

Alif yang mengetahui ini memang merasa tak rela. Namun ia tetap bersabar dan berbesar hati demi menjaga pertemanannya dengan kedua sahabatnya tersebut.

Di tengah-tengah usaha kerasnya untuk mencapai impiannya melanjutkan kuliah di luar negeri, Alif semakin diterpa dengan musibah berat saat sang Ayah meninggal dunia.

Beban hidup dari Alif pun semakin berat dengan segala ujian yang ia hadapi. Ia harus membagi kesabaran untuk menjaga pertemanan, asmara, dan impiannya untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Ranah 3 Warna menjadi film adaptasi novel milik Ahmad Fuadi yang kedua setelah Negeri 5 Menara.

Film hasil produksi MNC Pictures ini juga melibatkan tim produser yang terdiri dari Emilka Bias, Widya Wardhani Ichram, dan Chairul Rizal.

Selain ketiga pemeran utama, Ranah 3 Warna juga dibintangi oleh Raim Laode, Miqdad Addausy, Risma Wulandari, David Chalik, Maudy Koesnaedi, Donny Alamsyah, hingga Lukman Sardi.

Setelah sempat ditayangkan di festival Jakarta Film Week 2021 pada Agustus tahun lalu, Ranah 3 Warna kini telah tayang serentak pada 30 Juni 2022 di bioskop Indonesia.

[Gambas:Youtube]



(far/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER