Kimo Stamboel Bakal Kupas 2 Mitos dalam Jailangkung 3

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 08:00 WIB
Sutradara Kimo Stamboel bakal fokus pada 2 mitos dalam masyarakat Indonesia lewat film horor Jailangkung 3: Sandekala. Sutradara Kimo Stamboel bakal fokus pada 2 mitos dalam masyarakat Indonesia lewat film horor Jailangkung 3: Sandekala. Foto: (Sky Media via Twitter @filmjailangkung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kimo Stamboel mengatakan bakal menampilkan dua mitos yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia dalam film horor terbarunya, Jailangkung 3: Sandekala. Dua mitos itu yang membuat Jailangkung 3 disebut spesial.

"Yang bikin spesial, ya itu ada dua mitos yang dibicarakan. Ada Jailangkung dan Sandekala itu sendiri," kata Kimo dalam sesi Instagram Live bersama Cinema 21 pada Senin (15/8).

Jelangkung merupakan permainan tradisional menggunakan boneka dan alat tulis di tangan. Permainan itu digunakan untuk memanggil arwah. Jika arwah masuk ke boneka, arwah bakal memberi jawaban lewat tulisan tangan boneka itu.

Sama seperti judulnya, film tersebut juga bakal fokus pada Sandekala, makhluk gaib dalam mitos yang banyak dipercayai masyarakat Sunda. Makhluk tersebut dipercaya kerap muncul waktu senja, antara siang dan malam hari.

Sandekala diyakini kerap mengganggu anak-anak yang bermain di luar rumah saat maghrib tiba. Mitos munculnya sandekala sering digunakan orang tua untuk melarang anak bermain saat senja.

Penggambaran dua mitos tersebut ditambah bintang-bintang ternama, seperti Titi Kamal, Muzaki Ramdhan, Dwi Sasono, dan masih banyak lagi diyakini Kimo Stamboel membuat Jailangkung 3 spesial.

Tak hanya itu, sutradara Ratu Ilmu Hitam dan Ivanna ini juga mengatakan penonton bakal merasakan elemen-elemen yang jadi ciri khasnya dalam pengarahan film.

"Pasti ada suatu elemen-elemen yang selalu ada di film gue lah, jadi menurut gue itu akan ada sih definitely," ungkap Kimo.

[Gambas:Video CNN]



Jailangkung: Sandekala mengisahkan satu keluarga berlibur di kawasan yang dikelilingi hutan dan pegunungan. Anak bungsu bernama Kinan sangat antusias dan penasaran dengan pemandangan indah di pegunungan itu.

Kedua orang tuanya meminta Niki, sang kakak, untuk selalu menemani Kinan karena takut hilang di hutan. Namun, tragedi dimulai ketika Niki berpisah dengan Kinan karena harus ke toilet.

Kinan ternyata hilang. Niki bersama kedua orang tuanya berusaha mencari Kinan. Pencarian itu mengantarkan mereka kepada fakta banyak anak hilang di kawasan itu.

Tak hanya itu, ketika seorang anak baru hilang, anak yang sebelumnya akan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Jailangkung Sandekala dijadwalkan tayang 22 September di bioskop.

Gif banner Allo Bank
(tdh/chri)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER