Cerita Anak Mona Ratuliu Berjuang Lawan Depresi

CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 16:15 WIB
Mima Shafa, anak Mona Ratuliu dan Indra Brasco curhat berjuang lawan depresi yang kerap muncul dalam beberapa tahun terakhir. Mima Shafa, anak Mona Ratuliu dan Indra Brasco curhat berjuang lawan depresi yang kerap muncul dalam beberapa tahun terakhir. Foto: (Tangkapan layar instagram @monaratuliu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak pertama Mona Ratuliu dan Indra Brasco, Mima Shafa, blak-blakan mengenai kondisi kesehatan mentalnya selama ini. Ia mengaku berjuang melawan depresi dalam beberapa tahun terakhir.

"Jadi aku sudah berjuang dengan kesehatan mental aku selama tujuh tahun, dari umur 12 tahun, tapi bukan berarti aku memiliki depresi selama 7 tahun," ungkap Mima saat ditemui di studio Trans TV beberapa waktu lalu.

"Jadi selama 7 tahun itu aku memiliki depresi yang muncul dan pergi, enggak selalu ada, tapi ada waktu di mana gejala depresi itu hilang dan timbul," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga bercerita tak ada hal spesifik yang memancing rasa depresi tersebut. Mima mengatakan depresi bahkan bisa muncul saat dirinya dalam kondisi baik-baik saja.

"Enggak ada alasan tertentu dan pemicu yang spesifik juga, itu bisa datang kapan saja, dalam kondisi apa saja, jadi walaupun lagi keadaan baik-baik saja kadang suka timbul," kata Mima.

Dalam kesempatan berbeda, Mima bercerita tanda-tanda depresi sudah dirasakan ketika masih SD, berawal dari penyakit seperti gerd yang kemudian membuatnya disarankan ke psikolog.

"Pernah datang ke dokter anak spesialis gerd akhirnya ditanya 'Kamu ada masalah apa di sekolah? Coba deh ke psikolog.' (Akunya langsung) Loh kok ke psikolog? Ternyata itu sepertinya panic attack," lanjutnya.

Mima juga mengaku sempat terpikir bunuh diri sekitar empat tahun lalu akibat depresi.

"Sekarang juga masih dalam observasi sama psikiater dan psikolog. Sebelumnya aku sudah merasakan ada pemikiran bunuh diri dan lain-lain sekitar 4 tahun lalu. Namanya juga kesehatan mental nggak tahu kapan itu akan terjadi kembali."

Lanjut ke sebelah...

 

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu. Misalnya saja Komunitas Save Yourselves melalui Instagram @saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis.

 

Gif banner Allo Bank

Respons Mona Ratuliu sebagai Orang Tua

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER