Rasa Takut Dorong Sutradara Angkat Isu Sensitif dalam Autobiography

CNN Indonesia
Kamis, 19 Jan 2023 11:15 WIB
Sutradara Makbul Mubarak ungkap rasa takut membuatnya jadi berani angkat isu sensitif dalam film terbarunya, Autobiography. Sutradara Makbul Mubarak ungkap rasa takut membuatnya jadi berani angkat isu sensitif dalam film terbarunya, Autobiography. (kawan kawan media via IMDb)

Film ini disebut tak hanya berbicara tentang hubungan domestik antara majikan dan asisten, melainkan hubungan dua generasi. Ia juga berupaya menunjukkan hal besar lain lewat sudut pandang yang sederhana melalui Purna dan Rakib.

"Ini bukan hanya soal kehidupan majikan dan pembantu, tapi juga soal generasi dahulu dan generasi sekarang," tutur Makbul Mubarak.

"Aku hanya mencoba untuk memotret banyak hal terkait hubungan yang sangat sederhana. Jadi, sebenarnya ini adalah film yang mengajak melihat hal-hal besar lewat teropong yang sangat kecil," lanjutnya.

Autobiography menyelami kehidupan Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja sebagai penjaga rumah kosong milik seorang purnawirawan bernama Purna (Arswendy Bening Swara).

Suatu hari, Purna memutuskan pulang kampung dan menempati kembali rumah yang selama ini dijaga Rakib karena akan berkampanye sebagai bupati di sana.

Rakib kemudian mendapat tugas untuk membantu kampanye Purna, mulai dari menjadi supir pencalonan bupati Purna hingga mengurus berbagai hal yang diminta majikannya.

Namun, sebuah kejadian tak terduga menimpa mereka saat kampanye. Peristiwa itu membuka mata Rakib yang selama ini tidak pernah melihat sisi lain Purna, sehingga ia dihadapkan dengan dilema besar dalam hidupnya.

Autobiography dibintangi Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Yusuf Mahardika, Lukman Sardi, hingga Rukman Rosadi. Film ini juga menjadi penampilan terakhir Gunawan Maryanto yang meninggal dunia pada 2021.

Autobiography tayang di bioskop pada 19 Januari.

[Gambas:Youtube]



(frl/chri)
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER