Jokowi dan Rouhani Bahas Kerja Sama Budaya dan Terorisme

Ike Agestu, CNN Indonesia | Kamis, 23/04/2015 10:34 WIB
Jokowi dan Rouhani Bahas Kerja Sama Budaya dan Terorisme Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di sela-sela Konferensi Asia Afrika yang berlangsung di Jakarta, Kamis (23/4). (Reuters/Mast Irham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di sela-sela Konferensi Asia Afrika yang berlangsung di Jakarta, Kamis (23/4).

Pertemuan keduanya berlangsung secara tertutup Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center.

Dalam keterangan yang diterima CNN Indonesia dari Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Jokowi dan Rouhani sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang kebudayaan, mengingat penduduk kedua negara secara mayoritas adalah pemeluk Islam.


Keduanya juga membahas tantangan global yang dihadapi oleh dunia saat ini terkait penanggulangan terorisme.

“Kekerasan yang dilakukan atas nama agama oleh kelompok teroris harus diberantas dengan kerjasama yang erat antar negara,” bunyi keterangan dari Andi.

Selain kedua hal itu, Jokowi dan Rouhani membahas pula peningkatan  kerja sama kedua negara di bidang ekonomi yang dianggap menurun akhir-akhir ini.

Selain bertemu dengan Rouhani, hari ini Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai kepala negara, seperti Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, Raja Swaziland Mswati, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Presiden Madagaskar Rajonarimampianina Hery, Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mahlab, Perdana Menteri Vietnam Truong Tang Sang, Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Ketua Presidium Majelis Tinggi Korea Utara Kim Yong Nam, serta Perdana Menteri Timor Leste yang baru, Taur Matan Ruak. (stu)