Bom Bunuh Diri di Madinah Tewaskan Dua Petugas Keamanan

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2016 04:38 WIB
Menurut laporan CNN, setidaknya ada empat orang yang meninggal dunia dan satu  luka saat kejadian bom bunuh diri di markas keamanan dekat Masjid Nabawi. ilustrasi bom (Thinkstock/fergregory)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam kurun waktu 24 jam, tiga bom bunuh diri mengguncang Arab Saudi. Menurut laporan CNN, setidaknya ada empat orang yang meninggal dunia dan satu orang luka saat kejadian bom bunuh diri di markas keamanan dekat Masjid Nabawi, Madinah.

Menurut sumber, salah satu pengebom, yang tewas dalam ledakan bom tersebut, menargetkan petugas kemanan. Media lokal Arab Saudi memberitakan bahwa juga ada dua petugas keamanan Saudi yang meninggal karena ledakan tersebut.

Mengutip Independent, sampai saat ini sudah banyak beredar foto-foto area dekat Masjid Nabawi yang diselimuti asap hitam karena ledakan bom tersebut.


Ledakan bom diperkirakan terjadi saat senja hari, ketika orang-orang mulai bersiap berbuka puasa. Qari Ziyaad Patel dari Johannesburg, Afrika Selatan, adalah salah satu orang yang berada di masjid tersebut saat mendengar adanya dentuman keras.

Dia mengatakan suara ledakan tersebut terdengar saat mereka bersiap buka puasa. Awalnya dia beranggapan bahwa suara dentuman tersebut merupakan sebuah tradisi tembakan meriam. Namun kemudian dia merasa tanah di sekitarnya bergetar.

“Getarannya sangat kuat, seperti gedung yang meledak,” katanya.

Masjid ini merupakan tempat suci ke-dua bagi kaum Muslim selain Masjidil Haram di Mekkah. Masjid tersebut dibangun sendiri oleh Nabi Muhammad setelah hijrah di Madinah. Di dalam masjid itu pun terdapat makam Sang Rasul.

Setiap bulan Ramadan, sekitar dua juta peziarah mengunjungi masjid ini dalam perjalannya ke Mekkah. (chs/chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER