Bom Ditemukan Lagi di AS, Kali ini di New Jersey

Denny Armandhanu/Reuters, CNN Indonesia | Senin, 19/09/2016 13:58 WIB
Bom Ditemukan Lagi di AS, Kali ini di New Jersey Ilustrasi (AFP Photo/William Edwards)
Jakarta, CNN Indonesia -- Benda diduga peledak kembali ditemukan di New Jersey di tengah serangkaian serangan yang terjadi di Amerika Serikat. Polisi langsung memusnahkan bom tersebut dengan cara meledakkannya.

Dikutip Reuters, polisi meledakkan benda mencurigakan yang diduga bom pada Senin dini hari (19/9). Benda itu ditemukan di tempat sampah dekat stasiun kereta di Elizabeth, New Jersey, oleh dua orang pemulung pada Minggu (18/9).

Kedua orang itu melihat ada pipa dan kabel di dalam sebuah keranjang sampah, dan langsung menghubungi polisi. Pesawat drone penjinak bom yang diturunkan ke lokasi menyimpulkan bahwa benda itu "bisa jadi bom" dan FBI langsung dikerahkan ke tempat tersebut.


Ledakan terdengar saat tim penjinak bom FBI memusnahkan benda tersebut. Akibat peristiwa ini, perusahaan transportasi New Jersey Transit Corp dan Amtrak meniadakan layanan kereta ke stasiun Elizabeth selama penyelidikan berlangsung.

Insiden ini terjadi di saat AS diguncang tiga kali serangan di akhir pekan, yaitu ledakan di New York yang melukai 29 orang, penusukan di Minnesota dan ledakan di New Jersey.

ISIS mengklaim serangan di Minnesota yang melukai sembilan orang, pelaku tewas ditembak polisi. FBI masih menyelidiki keterkaitan ketiga kasus ini.

Sebelumnya polisi juga menemukan bom panci presto di dekat lokasi ledakan di wilayah Chelsea, New York. Panci itu berisikan benda-benda tajam yang akhirnya juga dimusnahkan aparat.

Di negara bagian New Jersey, bom pipa meledak pada Sabtu pagi di rute lomba lari kota pesisir Seaside Park. Tidak ada yang terluka dalam insiden ini, penyelidikan masih berlangsung. (stu)