Sumber: Ada Pertukaran Tahanan Boko Haram dan 21 Gadis Chibok

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 15/10/2016 00:00 WIB
Sumber: Ada Pertukaran Tahanan Boko Haram dan 21 Gadis Chibok Foto: Sunday Aghaeze/Special Assistant to Nigerian President Muhammadu Buhari/Handout via REUTERS
Jakarta, CNN Indonesia -- Informasi yang saling bertentangan muncul tentang apa yang diterima Boko Haram sehingga mereka mau melepaskan 21 gadis Chibok di Nigeria. Sebelumnya gadis Chibok ini ditahan selama dua tahun oleh Boko Haram.

Menurut sumber anonim yang dekat dengan negosiasi antara Boko Haram dan pemerintah Nigeria mengungkapkan “sejumlah komandan Boko Haram” dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran dengan dilepaskannya para gadis Chibok.

Hal ini bertetangan dengan apa yang pernah dikatakan pemerintah Nigeria. Mereka mengatakan bahwa pelepasan gadis-gadis itu bukanlah bagian dari pertukaran tahanan.


“Ini bukan pertukaran,” kata Menteri Informasi Nigeria Alhahi Lai Mohammed, dikutip dari CNN.

“Ini adalah pelepasan, hasil dari negosiasi dan kepercayaan di kedua belah pihak.”

Pemerintah Nigeria mengklaim bahwa pembebasan gadis-gadis ini terjadi setelah negosiasi. Negosiasi tersebut ditengahi dan difasilitasi oleh International Committee of the Red Cross dan pemerintah Swiss.

Sebuah sumber yang berbeda, orang yang tahu langsung tentang masalah tersebut mengatakan kepada CNN pada Kamis (14/10) bahwa tak ada pejuang Boko Haram yang dibebaskan sebagai pertukaran.

Boko Haram membebaskan 21 orang dari 276 anak perempuan dan perempuan dari usia 16-18 tahun. Gadis-gadis tersebut dibawa dari kamarnya di sebuah asrama di Chibok, Nigeria pada April 2014 lalu.

Ada 57 gadis yang segera melarikan diri di tahun 2014, dan satu orang ditemukan di musim semi ini. (chs)