Tenggak Anggur dan Soju, Kim Jong-un Tertawai Diri Sendiri

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 14:28 WIB
Tenggak Anggur dan Soju, Kim Jong-un Tertawai Diri Sendiri Sambil menenggak minuman anggur dan soju, pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menertawai citra dirinya sendiri yang terbentuk di luar negeri. (KCNA/via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sambil menenggak minuman anggur dan soju, pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menertawai citra dirinya sendiri yang terbentuk di luar negeri.

Kim menunjukkan sikap santai ini di tengah santap malam bersama delegasi Korea Selatan yang berkunjung ke Pyongyang pada awal pekan ini.

Sejumlah anggota delegasi Korsel menuturkan bahwa suasana malam itu sangat cair. Setelah menyantap mi dingin bersama, delegasi Korsel dan Kim berbincang santai.
Dalam perbincangan itu, Kim berulang kali membahas julukan "Little Rocket Man" yang disematkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.


Kim sangat mengetahui semua julukan dan olokan terhadap dirinya di luar sana. Namun, dia menanggapinya dengan sangat santai, tertawa sambil menenggak minuman keras.

"Botol-botol itu terus berdatangan," ujar salah satu pejabat yang ikut serta dalam makan malam itu, sebagaimana dikutip Reuters.
Setelah beberapa saat, Kim dengan santai mengangkat sejumlah isu sensitif, termasuk kemungkinan kelanjutan latihan militer bersama AS dan Korsel setelah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, ajang yang dianggap merekatkan kembali hubungan Pyongyang dan Seoul.

"Saat itulah kami mengetahui bahwa upaya yang diambil Korea Utara dan Korea Selatan di bawah pemerintahan Moon Jae-in mulai membuahkan hasil," ucap salah satu pejabat Korsel lainnya.

Hingga akhirnya, Kim menyatakan kesediaan untuk menghentikan program senjata nuklir Korut dan bertemu dengan Trump pada Mei mendatang, salah satu tonggak sejarah jika benar-benar terjadi.

Kim Jong Un menjamu makan malam delegasi Korea Selatan di Pyongyang.Foto: Reuters
Kim Jong Un menjamu makan malam delegasi Korea Selatan di Pyongyang.


Hal ini terungkap saat Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong, selaku pemimpin delegasi melaporkan hasil pertemuan itu ke Trump di Gedung Putih.

"Saya menyatakan kepada Presiden Trump bahwa, dalam pertemuan kami, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menyatakan dia berkomitmen terhadap denuklirisasi. Kim berjanji bahwa Korea Utara akan menahan diri dari uji coba nuklir atau rudal," ujar Chung kepada wartawan.

Melanjutkan pernyataannya, Chung berkata, "Dia memahami bahwa latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat harus terus dilanjutkan dan dia menyampaikan keinginan untuk bertemu Presiden Trump secepatnya." (has/has)