FOTO: Melawan Sepi Hari Tua dari Bangku Sekolah

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 10/05/2018 18:34 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi para lansia di Thailand, sekolah adalah obat bagi rasa sepi mereka di hari tua. Di sana mereka bisa berkawan dan mendapat ilmu pengetahuan.

Poonsri Seangnual, 63, dengan berseragam meninggalkan rumahnya di Ayutthaya, Thailand, untuk pergi ke sekolah lansia di Chiang Rak Noi.
Para pelajar menggunakan bus sekolah menuju sekolah lansia di Chiang Rak Noi, Ayutthaya, Thailand. Sekolah adalah salah satu cara pemerintah Thailand bisa merawat kelompok lansia.  (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Rambut Poonsri Seangnual, 63, diikat bak anak muda, sebelum pergi ke sekolah lansia. Ia mengatakan sering merasa kesepian setiap kali tidak pergi ke sekolah. Ia rindu teman-teman dan kelas tempatnya belajar. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Para pelajar sekolah Lansia di Chiang Rak Noi, Ayutthaya, Thailand, menyanyikan lagu kebangsaan sebelum mengikuti kelas belajar. Biasanya para lansia hidup bersama anak-anak mereka, tapi daya tarik kota besar membuat lansia di pedesaan terancam kesepian. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Di Thailand, lansia sendiri menjadi salah satu kelompok demografi yang harus jadi perhatian pemerintah. Berdasarkan data bank dunia, pada 2040 nanti Thailand akan memiliki porsi penduduk usia tetua tertinggi di Asia bagian Timur. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Saat ini, ada 7,5 juta penduduk berusia 65 tahun ke atas di Thailand. Jumlah ini diproyeksikan mencapai 17 juta pada 2040 nanti. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Somjit Teeraroj, 77, berjalan menuju pemberhentian bus di Ayutthaya, Thailand.
Poonsri Seangnual, 63, berdandan di rumahnya sebelum pergi ke sekolah Lansia di Chiang Rak Noi, Ayutthaya, Thailand. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Choochart Supkerd, 63, yang belajar di sekolah lansia, sedang membersihkan rumahnya di Ayutthaya, Thailand. Ia mengikuti kursus 12 pekan yang disebutnya sebagai obat mujarab mengatasi stress. Sekolah adalah tempatnya mencari teman. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Somjit Teeraroj (C), 77, yang belajar Sekolah Lansia menawarkan sumbangan pada seorang biksy Budha dekat rumahnya di Ayutthaya, Thailand. Somjit bercerita, ketika suaminya meninggal karena kecelakaan, dia lalu hidup sendirian. Bersekolah adalah caranya untuk mengatasi kesedihan. (REUTERS/Athit Perawongmetha)