Jokowi Berharap Trump-Kim Berkontribusi pada Perdamaian Dunia

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 15:05 WIB
Jokowi Berharap Trump-Kim Berkontribusi pada Perdamaian Dunia Presiden Joko Widodo menyambut baik pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, Selasa (12/6). ( CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyambut baik pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, Selasa (12/6).

"Saya menyambut baik, Indonesia menyambut baik, dan mendukung berlangsungnya KTT AS dan Korup hari ini di Singapura," ujar Jokowi di Istana Bogor, Selasa (12/6).

Pertemuan tersebut adalah kali pertama kedua pemimpin negara bertatapan setelah hubungannya sempat memanas sepanjang 2017 karena Korut terus melakukan uji coba rudal dan nuklirnya.



Keduanya pun sempat saling melontarkan hinaan hingga ancaman perang. Melihat KTT AS-Korut hari ini, Jokowi berharap kedua negara nantinya dapat berkontribusi bagi perdamaian dunia.

"Kami berharap hasil KTT dapat berkontribusi bagi perdamaian baik di kawasan Semenanjung Korea, kawasan kita, maupun perdamaian dunia," tutur mantan Wali Kota Solo ini.

Di Singapura, Trump dan Jong-un sepakat menandatangani dokumen upaya denuklirisasi utuh. AS menginginkan Korea Utara untuk melucuti penuh senjata nuklirnya.


Sementara itu. pihak Korut diyakini tak akan begitu saja menyerahkan hal yang dianggap sebagai jaminan keberlangsung rezim.

Trump menyatakan bersama Kim telah menandatangani dokumen "komprehensif" usai menjalani serangkaian pertemuan sejak pagi hari. Hal itu bakal dibahas panjang lebar dalam konferensi pers mendatang.

Kim turut mengungkapkan rasa terima kasih dan menyebut hari ini sebagai peristiwa bersejarah. Pertemuan Trump dan Kim Jong-un di Singapura disebut-sebut membuka babak baru hubungan AS-Korut.

[Gambas:Video CNN]

(nat)