Rusia Menyerang, AS Tak Beri Dukungan Pemberontak Suriah

Eka Santhika, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 11:49 WIB
Rusia Menyerang, AS Tak Beri Dukungan Pemberontak Suriah Ilustrasi serangan udara Rusia (REUTERS/Alaa al-Faqir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Amerika Serikat melayangkan pernyataan kepada kelompok FSA (Free Syrian Army) bahwa mereka tidak akan memberikan bantuan terhadap kelompok tersebut.

Bantuan ini berkaitan dengan penyerangan yang dilakukan di kantong-kantong pertahanan FSA oleh pemerintah Suriah dengan dukungan Rusia.

Dalam surat dari Washington yang dilihat oleh Reuters itu, disebutkan bahwa, "Anda tidak perlu menggantungkan keputusan pada asumsi atau mengharapkan intervensi militer oleh kami."
"Kami pemerintah Amerika Serikat memahami situasi sulit yang Anda (FSA) hadapi dan tetap menyarankan Rusia dan rezim Suriah untuk tidak melakukan tekanan militer," lanjut surat pernyataan tersebut.


Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat telah memperingatkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Rusia soal pelanggaran gencatan senjata. AS menekankan bahwa pelanggaran zona "eskalasi" yang disepakati oleh Amerika Serikat dan Rusia tahun lalu akan berakibat serius. AS juga menyebut akan mengambil langkah tegas dan tepat.

Pernyataan tersebut menumbuhkan harapan kalau AS akan memberikan dukungan militer terhadap pihak oposisi. Pasalnya dalam beberapa hari belakangan pihak militer Suriah dan Rusia terus memborbardir daerah barat laut Suriah.

Selama perang tujuh tahun di Suriah, AS telah memberikan dukungan jutaan dollar AS. Dana sebesar itu digunakan untuk dukungan persenjataan dan membayar gaji bulanan dari ribuan pemberontak.

Uang sebesar itu diambil dari dana bantuan militer dari CIA (Central Intelligence Agency). Namun, para analis percaya bahwa dana bantuan itu telah dihapuskan atas keputusan Presiden Donald Trump tahun lalu.

Kemarin malam waktu setempat, Rusia melakukan serangan bomudara di barat daya Suriah. Masih belum ada laporan korban akibat serangan tersebut. Pihak militer Suriah pun belum memberikan keterangan terkait hal ini. (eks/eks)