Menlu RI Promosi Asian Games 2018 di Forum ASEAN

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 03/08/2018 08:50 WIB
Menlu RI Promosi Asian Games 2018 di Forum ASEAN Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mempromosikan Asian Games 2018 dalam pertemuan ASEAN di Singapura, Kamis (2/8). (Dok. Kemlu RI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyongsong perhelatan Asian Games yang makin dekat, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi turut mempromosikan event olahraga terbesar se-Asia tersebut yang akan digelar di Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September tersebut.

Dalam Pertemuan pleno Menlu ASEAN di Singapura hari ini, 1 Agustus 2018, Menlu Retno mengajak para Menlu ASEAN untuk menjadikan Asian Games sebagai momentum untuk memupuk persahabatan antara masyarakat dan bangsa-bangsa Asia.

"Melalui Asian Games, Indonesia ingin mempromosikan semangat persahabatan dan perdamaian di kawasan," kata Menlu Retno.


Pada kesempatan tersebut Menlu Retno memberikan tiga maskot Asian Games yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka kepada para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN dan mengajak para Menlu untuk foto bersama dengan maskot Asian Games 2018, Kamis (2/7).



Menlu RI mengikuti serangkaian pertemuan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-51 dan Post Ministerial Conference ke-19 ( 51st ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM)/19th Post Ministerial Conferences - PMC) yang diselenggarakan di Singapura sejak 31 Juli-4 Agustus 2018.

Sebanyak 19 rangkaian pertemuan tingkat Menlu ASEAN antara lain ASEAN Ministerial Meeting Plenary dan Retreat, ARF, 19th ASEAN Plus Three, 8th East Asia Summit, SEANWFZ, AICHAR Interface, serta pertemuan ASEAN dengan berbagai Mitra Wicaranya. Selain serangkaian pertemuan Menlu ASEAN, Menlu Retno juga melakukan sekitar 12 pertemuan bilateral.

Pertemuan ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN pada tingkat Menteri Luar Negeri tersebut akan membahas mengenai Review of Cooperation and Future Direction ASEAN serta Exchange of Views on International and Regional Issues.

Beberapa isu yang menjadi perhatian Indonesia antara lain mengenai Indo-Pasifik, kerja sama penanggulangan terorisme, pemajuan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), ekonomi kreatif, serta kerja sama penanganan resiko bencana.

Menlu Retno akan tiba kembali di Indonesia pada 4 Agustus 2018 dan dijadwalkan menerima Menlu AS Michael Richard Pompeo di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Ini adalah kunjungan pertama Menlu Pompeo ke Indonesia dan pertemuan kedua Menlu Retno dan Menlu Pompeo setelah bertemu di Washington DC pada 6 Juni 2018.

Pada pertemuan tersebut beberapa isu yang akan menjadi perhatian kedua Menlu antara tindak lanjut Strategic Partnership RI-AS serta berbagai isu global dan regional yang menjadi perhatian kedua negara. Indonesia dan Amerika Serikat akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2019 mendatang. (nat)