Xi Jinping Kunjungi Korea Utara Bulan Depan

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 18/08/2018 15:38 WIB
Xi Jinping Kunjungi Korea Utara Bulan Depan Presiden China, Xi Jinping, direncanakan akan bertemu Kim Jong-un pada September. (REUTERS/Damir Sagolj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping dijadwalkan memenuhi undangan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un untuk mengunjungi Pyongyang dan menghadiri perayaan kemerdekaan ke-70 Korut bulan depan, demikian dilaporkan media Singapura, Straits Times.

Kunjungan ke Korut itu akan jadi yang pertama bagi Jinping semenjak menjabat jadi presiden pada 2012 silam. Terakhir kalinya pemimpin dari China mengunjungi Korut juga terjadi pada 13 tahun silam, ketika Hu Jintao datang pada 2005.

Dikutip dari Reuters, The Straits Times tidak mengungkapkan sumber informasi tersebut, sementara Kementerian Luar Negeri China juga tidak berkomentar atas berita tersebut.

Perayaan kemerdekaan Korea Utara akan digelar pada 9 September, dan Straits Times menyatakan jadwal kunjungan Jinping masih mungkin berubah di menit-menit terakhir.


China adalah mitra perdagangan paling erat Korut dan Jong-un telah mengunjungi China tiga kali tahun ini untuk membicarakan peningkatan kerja sama kedua negara.

Sementara itu, Amerika Serikat telah meningkatkan sanksi untuk Korut demi menekan Pyongyang mematuhi denuklirisasi. Pekan ini, AS juga menerapkan sanksi pada perusahaan-perusahaan China karena mengekspor alkohol dan produk tembakau ke Korea Utara.
(vws)