Iran Sebut Berhasil Gagalkan Serangan Siber Dilakukan Israel

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 00:31 WIB
Iran Sebut Berhasil Gagalkan Serangan Siber Dilakukan Israel Ilustrasi peretas. (REUTERS/Kacper Pempel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Iran menyatakan berhasil menggagalkan serangan siber terhadap fasilitas telekomunikasi mereka. Negeri Syah itu menuding Israel ada balik serangan itu.

"Rezim zionis (Israel) melakukan serangan terhadap Iran untuk merusak jaringan komunikasi. Terima kasih kepada teknisi kami yang serangan itu gagal," kata Menteri Telekomunikasi Iran, Muhammad Javad Azari-Jahromi sebagaimana dilansir Reuters, Senin (5/11).

Azari menyatakan akan mengambil langkah hukum terhadap Israel terkait insiden itu. Menurut Wakil Menteri Telekomunikasi Iran, Hamid Fattahi rincian serangan itu akan diungkap beberapa hari lagi.
Iran mengklaim serangan siber itu masih menggunakan Virus Stuxnet, yang dibuat Amerika Serikat dan Israel untuk menyerang fasilitas pengayaan uranium di Natanz pada 2010 lalu.


Kepala Badan Keamanan Dalam Negeri Iran, Ghulamreza Jalali menyatakan mereka berhasil menaklukkan Virus Stuxnet versi baru.
"Kami berhasil menemukan generasi baru Stuxnet yang terdiri dari beberapa bagian dan berusaha memasuki sistem kami," kata Jalali. (ayp/ayp)