Patroli Perdana Kapal Selam Nuklir, India Peringatkan Musuh

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 08:40 WIB
Patroli Perdana Kapal Selam Nuklir, India Peringatkan Musuh Perdana Menteri Narendra Modi memperingatkan musuh-musuhnya agar tak macam-macam karena India kini sudah memiliki kapal selam berkapasitas nuklir. (Reuters/Adnan Abidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- India menggelar patroli pertama menggunakan Arihant, kapal selam yang dapat menembakkan senjata nuklir dari darat, udara, dan laut, sebuah peringatan bagi musuh-musuhnya agar tak macam-macam.

"Di tengah peningkatan jumlah senjata nuklir di sekitar kami, alat penangkis nuklir yang kredibel sangat penting bagi keamanan negara kami," ujar Perdana Menteri India, Narendra Modi, dikutip Reuters, Senin (5/11).

"Arihant adalah peringatan terbuka bagi musuh-musuh negara, atas nama perdamaian: jangan coba macam-macam dengan India."
Relasi India dengan sejumlah negara di kawasan memang cukup tegang, terutama di bawah Modi yang menerapkan kebijakan lebih keras terhadap China dan Pakistan ketimbang pemerintahan sebelumnya.


Modi mengatakan bahwa selama patroli satu bulan itu, Arihant terbukti sudah dapat mencapai target India untuk memiliki kapal selam pembawa senjata nuklir.
Ia pun kembali memperingatkan bahwa Arihant "dapat merespones siapa pun yang memicu pertengkaran nuklir."

Namun, Modi tak menjabarkan lebih lanjut pihak mana yang dimaksud atau tindakan spesifik jika ada serangan. (has/has)