China Ancam Sanksi Kanada Jika Tak Bebaskan Bos Huawei

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 12:25 WIB
China Ancam Sanksi Kanada Jika Tak Bebaskan Bos Huawei China mengancam akan menjatuhi sanksi berat bagi Kanada atas penangkapan bos Huawei. (Foto: REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- China mengancam akan memberikan konsekuensi berat kepada Kanada jika tak segera membebaskan petinggi Huawei, Meng Wanzhou yang ditangkap pada Sabtu (1/12) lalu. China menyebut penangkapan Wanzhou sebagai kasus yang 'sangat jahat'.

Dalam keterangan resmi seperti dilansir Reuters, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Wakil Meneteri Luar Negeri Le Yucheng telah mengeluarkan peringatan dan memanggil duta besar Kanada di Beijing sebagai bentuk protes keras.

"China mendesak Kanada untuk segera membebaskan Wanzhou yang ditahan, dan dengan sungguh-sungguh melindungi hak yang sah. jika tidak, Kanada harus bersiap menerima konsekuensi serius," ungkap Yucheng.


Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan hingga Sabtu belum ada informasi lebih lanjut dari Menlu terkait kasus ini. Freeland mengatakan sejauh ini Kanada memiliki hubungan penting dan telah meyakinkan bahwa Wanzhou memiliki akses konsuler.

Penangkapan CFO sekaligus anak pendiri Huawei, Meng Wanzhou pekan lalu di Kanada bersamaan dengan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di Argentina untuk membahas permalasahan perang dagang.

Wanzhou ditangkap saat sedang transit penerbangan di Kanada dari AS atas tuduhan berkomplot untuk menipu beberapa lembaga keuangan. Jika dinyatakan bermasalah, Wanzhou akan menghadapi tuntutan lebih dari 30 tahun penjara.

Kabar penangkapan Wanzhou telah mengguncang pasar saham dan membuat tensi perang dagang kian memanas. Di sisi lain, PM Kanada sebelumnya telah membantah turut campur tangan dalam penangkapan Wanzhou.

[Gambas:Video CNN] (evn)