Serangan Bom Mobil Tewaskan Delapan Pasukan Afghanistan

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 05:55 WIB
Serangan Bom Mobil Tewaskan Delapan Pasukan Afghanistan Ilustrasi. (Reuters).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ledakan bom mobil menyerang konvoi Gubernur Provinsi Logar Selatan, Afghanistan dan menewaskan sedikitnya delapan anggota pasukan keamanan Afghanistan pada Minggu (20/1) waktu setempat.

Juru Bicara Kepolisian Provinsi Logar Shahpoor Ahmadzai mengatakan pelaku bom meledakkan mobil berisi bahan peledak didekat konvoi gubernur di jalan raya utama antara Logar dan Ibukota Kabul.

"Sayangnya 10 lainnya terluka, dan jumlah korban mungkin meningkat. Namun gubernur tidak terluka dalam serangan tersebut," kata Ahmadzai seperti dikutip dari Reuters, Minggu (20/1).



Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban, mengatakan kelompoknya bertanggung jawab atas ledakan tersebut hingga membuat sejumlah besar pasukan khusus Afghanistan terbunuh atau terluka.

Logar, yang terletak sekitar 75 km (46 mil) dari Kabul, dikenal sebagai pintu gerbang strategis ke ibukota. Wilayah itu dianggap rentan terhadap serangan karena kehadiran aktif Taliban di sebagian besar wilayah provinsi tersebut.

Kelompok militan tersebut meningkatkan serangan di beberapa provinsi strategis dalam beberapa bulan terakhir untuk mengusir pasukan asing. Tujuannya, tak lain untuk menggulingkan pemerintah yang didukung Barat dan mengembalikannya pada hukum Islam garis keras. Penyerangan terjadi bahkan ketika pembicaraan damai dengan Amerika Serikat meningkat.

(Reuters/lav)