Presiden Venezuela Putuskan Diplomatik dengan Kolombia

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 24/02/2019 04:50 WIB
Presiden Venezuela Putuskan Diplomatik dengan Kolombia Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (REUTERS/Eduardo Munoz).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan Sabtu bahwa ia memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia. Keputusan ini diambil setelah Kolombia itu mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido dalam upayanya untuk membawa bantuan kemanusiaan ke negara itu.

"Saya telah memutuskan untuk memutuskan semua hubungan politik dan diplomatik dengan pemerintah fasis Kolombia," kata Maduro dalam sebuah demonstrasi besar-besaran para pendukungnya di ibu kota Caracas, dikutip dari AFP, Minggu (24/2).

Dia memberi waktu 24 jam bagi diplomat Kolombia untuk meninggalkan negara itu. "Keluar dari sini, oligarki!" dia berkata.


Sementara itu, dikutip dari Reuters, satu truk dalam konvoi yang berusaha membawa bantuan kemanusiaan ke Venezuela dari Kolombia terbakar pada hari Sabtu waktu setempat. Belum diketahui penyebab truk tersebut terbakar dan apakah ada korban jiwa.


Meski satu truk terbakar, kerumunan orang tetap mengeluarkan kotak-kotak persediaan logistik dari truk yang lain.

Sebelumnya bantuan logistik untuk kemanusiaan datang dari AS. Sebuah pesawat yang membawa pasokan bantuan makanan dan medis dari AS untuk Venezuela dikabarkan telah mendarat di Pulau Curacao, Karibia, pada Kamis (21/2).

Bantuan itu tetap dikirimkan ke Venezuela meski Presiden Maduro berkeras akan memblokir bantuan-bantuan tersebut. Apalagi Maduro juga telah menutup sejumlah perbatasan dengan negara tetangga, seperti Brasil.

(afp/osc)