FOTO: Sisi Lain Gaza yang Lebih 'Ramah'

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 30/03/2019 23:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gaza tak melulu soal darah, peluru, atau kekerasan dan kebencian. Masih ada kegembiraan dan tawa di antara mereka, meski harus bertahan di kerasnya kehidupan.

Vokalis Rahaf Shamali (15), Hamada Nasralla (23), Ismaiel Al H'Razin (42), Islam Mohsen (24) dan Saied Fadel berpose di atas atap apartemen di Kota Gaza. Mereka tergabung dalam band bernama 'Solband'. (REUTERS/Dylan Martinez)
Sekelompok anak muda menyebut diri mereka The Gaza Skate Gang sedang berkumpul bersama di sebuah taman skateboard di Kota Gaza. Mereka berbagi apa yang dimiliki, papan luncur, sepatu roda dan sepeda. (REUTERS/Dylan Martinez) 
Joki Badui berparade bersama unta-unta mereka di jalanan dalam rangka perayaan pesta pernikahan di Gaza. Parade unta adalah hal biasa di Gaza, diadakan oleh pihak pengantin dengan tujuan menghibur para tamu. (REUTERS/Dylan Martinez)
Para penggemar sepakbola dan staf tim berdoa di pertengahan waktu pertandingan di antara Rafah dari Gaza Selatan, dengan rival mereka, Beit Hanoun. Fan sepakbola Gaza terbagi menjadi dua seperti halnya Real Madrid dan Barcelona, namun persaingan antar-klub lokal pun tak kalah sengit. (REUTERS/Dylan Martinez)
Anak-anak kecil di Gaza punya permainan bernama 'Arab dan Yahudi', di mana mereka membakar kardus-kardus untuk membentuk parit dan saling melempar bola pasir sebagai peluru. (REUTERS/Dylan Martinez)
Seorang pria menjual rokok dengan harga $25 sen per batang. Menurutnya, lebih sedikit penduduk Gaza yang mampu membelinya sekarang.(REUTERS/Dylan Martinez)
Lampu-lampu mewarnai jalanan Gaza ketika petang mulai menjelang, sementara para nelayan mengangkut hasil tangkapan ke pelabuhan. (REUTERS/Dylan Martinez)
Sekelompok pria pengangguran membakar kardus untuk menghangatkan tubuh kala pagi mulai menjelang di Gaza. (REUTERS/Dylan Martinez)
Warga lokal bermain gim komputer dan biliar di The Colompy Pool Hall di Gaza. (REUTERS/Dylan Martinez)
Solband kembali berpose, kali ini foto diambil dari jarak dekat, menampilkan tawa dan senyum personelnya. (REUTERS/Dylan Martinez)