WNI di Bangladesh Ikut Pemilu 2019 Diganjar Mi Bakso

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 18:36 WIB
WNI di Bangladesh Ikut Pemilu 2019 Diganjar Mi Bakso Ilustrasi simulasi pemungutan suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilihan umum (Pemilu) 2019 Indonesia di luar negeri hari ini dilakukan di Bangladesh dan Nepal. Mereka menggunakan hak pilih dengan datang langsung ke tempat pemungutan suara di kedutaan besar Indonesia, atau suarat suaranya dikirim melalui pos.

Menurut Sekretaris Panitia Pemilihan Luar Negeri di Bangladesh, Murni Nyaristi, ada 247 WNI yang tercatat menjadi pemilih. Sebanyak 186 orang menggunakan hak pilih langsung di TPS 01 di gedung KBRI Dhaka.
"Sementara 61 orang WNI lainnya yang berada di luar kota Dhaka telah menggunakan hak suaranya melalui pos yang surat suaranya telah dikirimkan oleh PPLN Dhaka sejak tanggal 12 Maret 2019," kata Murni.

Menurut Murni, PPLN Dhaka telah menerima kembali 55 dari 61 surat suara yang dikirim. Mereka masih menunggu sisa surat suara hingga tanggal penghitungan pada 17 April mendatang.


Sedangkan pelaksanaan pemilu di Nepal, yang menjadi wilayah akreditasi KBRI Dhaka, terdapat 30 pemilih yang semuanya menggunakan metode pos. Dari seluruh surat suara yang dikirim ke Nepal melalui pos sejak 12 Maret, PPLN Dhaka baru menerima kembali 19 surat suara kembali, atau baru 60 persen.
PPLN Dhaka juga melakukan siaran langsung pemungutan suara dan pembukaan kotak suara melalui akun Facebook PPLN dan Instagram KBRI Dhaka

Panitia lantas menyuguhkan mi bakso kepada para pemilih. Murni menyatakan itu sebagai pelepas rindu dengan tanah air.

[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)