Korut Sebut Wapres AS Era Obama Sosok Bodoh dengan IQ Rendah

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 15:50 WIB
Korut Sebut Wapres AS Era Obama Sosok Bodoh dengan IQ Rendah Korut menganggap kandidat capres AS, Joe Biden, sebagai sosok bodoh dengan IQ rendah setelah mantan wapres di era Barack Obama itu mengkritik Kim Jong-un. (Reuters/Antonio Bronic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Korea Utara menganggap calon presiden Amerika Serikat, Joe Biden, sebagai sosok bodoh dengan IQ rendah setelah mantan wapres di era Barack Obama itu mengkritik Kim Jong-un.

"Dia tak layak diharapkan. [Dia] adalah sosok yang bodoh dengan IQ rendah," demikian bunyi pernyataan pemerintah Korut yang dilansir melalui media propaganda mereka, KCNA, Rabu (22/5).
KCNA melaporkan bahwa Biden kerap melontarkan komentar bernada miring soal Kim selama masa kampanye. Namun, mereka tak menjabarkan lebih lanjut.

Berita ini sendiri dilansir tak lama setelah Biden mengkritik pendekatan Presiden Donald Trump dalam menghadapi "pemimpin tirani seperti [Vladimir Putin] dan Kim Jong-un."
 
KCNA menuduh Biden "memfitnah kepemimpinan tertinggi" Korut yang biasanya mengarah pada Kim. Mereka juga menyebut mantan senator itu "gegabah dan bodoh, diselimuti ambisi akan kekuasaan."


Pemerintah Korut pun menyatakan ucapan Biden hanya argumen palsu yang merusak kualitas dasar seorang manusia.

[Gambas:Video CNN]

KCNA lantas menjabarkan sejumlah sikap Biden yang dianggap patut dikritik, mulai dari menjiplak pidato Neil Kinnock, hingga tertidur saat Obama menyampaikan pidato pada 2011.

Mereka juga mengkritik ucapan dan aksi Biden terhadap perempuan yang dianggap terlalu vulgar. Beberapa perempuan sempat menuduhnya menyentuh mereka secara tidak pantas.  
 
Meski demikian, Biden yang mencalonkan diri sebagai kandidat calon presiden untuk Partai Demokrat dalam pemilihan presiden 2020 mendatang, dipercaya mampu mendepak Trump dari Gedung Putih. (ajw/has)