Survei Sebut Separuh Pemilih AS Percaya Trump Rasis

CNN Indonesia | Rabu, 31/07/2019 05:11 WIB
Survei Sebut Separuh Pemilih AS Percaya Trump Rasis Presiden AS Donald Trump. (MANDEL NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil survei mengungkap lebih dari separuh pemilih di Amerika Serikat (AS) percaya dan mengakui bahwa Presiden Donald Trump rasis. 

Dalam sebuah jajak pendapat terhadap 1.306 pemilih secara nasional pada 25 dan 28 Juli dan diterbitkan Selasa (30/7) diketahui 51 persen responden yang disurvei Universitas Quinnipiac mengatakan Trump rasis dan 45 persen lainnya menyatakan tidak.


Sementara itu ketika dikelompokkan ke dalam warna kulit, diketahui 46 persen pemilih kulit putih yang disurvei mengatakan Trump rasis dan 50 persen lainnya mengatakan tidak. Untuk golongan pemilih kulit hitam, 80 persen mengatakan Trump rasis, sementara 11 persen lainnya tidak.


Untuk pemilih Hispanik, 55 persen mengatakan Trump rasis sementara 44 persen sisanya tidak. Sementara itu jika didasarkan pada jenis kelamin pemilih, wanita lebih cenderung percaya bahwa Trump rasis daripada pria.

Pasalnya, 55 persen pria mengatakan Trump tidak rasis jauh dari persentase wanita yang mengatakan Trump rasis yang mencapai 59 persen.

Meskipun memandang rasis, 61 persen pemilih yang disurvei mengatakan Kongres tidak perlu memulai proses impeachment terhadap Trump. Trump mengakui ia memang rasis.

Bahkan ia bersikeras "orang paling rasis di dunia."
(afp/agt)