FOTO: Jejak Perbudakan di Rumah-rumah Mewah Amerika

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 01/09/2019 07:10 WIB

, CNN Indonesia -- Ada peran dan tangan-tangan para budak kulit hitam pada nyaris semua bangunan bersejarah di Amerika Serikat yang masih bertahan hingga saat ini.

Seorang bocah laki-laki berlari di depan Castillo de San Marcos di Florida, Amerika Serikat. Bangunan yang dibangun pada 1670 ini merupakan salah satu satu dari sekian banyak bangunan yang dibangun oleh para budak dari Afrika atau Amerika Selatan. (REUTERS/Carlos Barria SEARCH)
Bulan Agustus sendiri menandai genap 400 tahun kapal Inggris membawa 20 budak dari Afrika pertama ke koloni mereka di Virginia. Perbudakan memang memiliki sejarah panjang dalam lembaran Ameria Serikat.  (REUTERS/Carlos Barria)
Jejak perbudakan ini masih tertinggal pada bangunan-bangunan lama yang masih dipertahankan hingga saat ini. Salah satunya Gereja Trinity di distrik bisnis Lower Manhattan di New York, AS. Bangunan ini didirikan pada 1696 oleh tangan para budak. (REUTERS/Carlos Barria)
Demikian pula kamar yang terdapat di Mount Vernon, rumah dari George Washington, presiden pertama AS, di Fairfax County, Virginia, AS, yang dibangun oleh para budak. (REUTERS/Carlos Barria)
Bangunan Fraunces Tavern di New York, AS, pun demikian. Dibangun oleh keluarga De Lancey pada 1719, bangunan ini memiliki hotel dan juga rumah pribadi dan jadi salah satu rumah bersejarah dalam Perang Revolusi. (REUTERS/Carlos Barria)
Rantai dan kunci terpancang pada tembok bata di Mount Vernon, rumah dari George Washington. Selain membangun rumah, para budak juga meratakan tanah, serta mencampur berbagai bahan untuk membentuk batu bata. (REUTERS/Carlos Barria)
Lembaran plastik terlihat pada suatu area di Mount Vernon, rumah dari George Washington, yang diyakini masih menyimpan peninggalan para budak. (REUTERS/Carlos Barria)
Bayangan seorang pejalan terlihat di tembok gereja Trinity di Manhattan, New York. Selain melakukan pekerjaan kasar, pada budak juga diperbantukan oleh para pengrajin yang memperindah bangunan. (REUTERS/Carlos Barria)
Gedung Putih di Washington, AS. Bangunan ini mulai dirancang pada 1792 dan dibangun oleh tangan para budak. Pada 2008, Michelle Obama yang merupakan keturunan budak, menjadi perempuan Afrika-Amerika pertama yang menjadi ibu negara dan tinggal di bangunan ini. (REUTERS/Carlos Barria)
Seorang pengunjung menyaksikan video presentasi di rumah James Madison yaitu Montpelier di Orange County, Virginia, AS. Rumah yang dibangun pada 1764 ini milik keluarga James Madison, presiden AS keempat. (REUTERS/Carlos Barria)