Jet F-16 AS Jatuh Lagi saat Latihan di Jerman

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 04:20 WIB
Jet F-16 AS Jatuh Lagi saat Latihan di Jerman Ilustrasi pesawat tempur F16. (Stocktrek Images/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah jet tempur F-16 milik Amerika Serikat dilaporkan jatuh ketika melakukan latihan rutin di dekat Kota Trier, Jerman, pada Selasa (8/10).

Angkatan Udara Jerman menuturkan sang pilot selamat dengan cedera ringan setelah berhasil melontar sesaat sebelum pesawat jatuh.


Pangkalan Udara AS di dekat Spangdahlem juga mengonfirmasi insiden tersebut melalui sebuah pernyataan.


Kepolisian setempat dilaporkan segera bergegas menuju lokasi kejadian di dekat desa Zemmer usai mendapat panggilan darurat sekitar pukul 15.15 waktu setempat.

Dilansir AFP, pihak berwenang juga segera mensterilkan lokasi kecelakaan termasuk beberapa jalan. Polisi bahkan mendesak pengemudi kendaraan untuk menghindari daerah kecelakaan.

[Gambas:Video CNN]

Jerman tidak asing dengan kecelakaan pesawat militer. Pada Juni lalu, dua jet Eurofighter milik AU Jerman bertabrakan di udara saat menggelar latihan di timur laut Jerman.

Salah satu pilot tewas dalam insiden itu, sementara satu pilot lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan melontar.

Kurang dari sepekan setelah kejadian itu, seorang pilot helikopter tewas ketika pesawatnya jatuh di dekat pusat pendidikan dan pelatihan militer.


Sementara itu, kecelakaan militer AS di Jerman terjadi pada 2015 lalu, ketika salah satu F-16 yang tengah melakukan latihan di pangkalan Spangdahlem jatuh di utara Bavaria. Pilot berhasil keluar dari pesawat dengan selamat dalam insiden itu. (rds/ayp)