KILAS INTERNASIONAL

Demo Ricuh di Barcelona Sampai Skandal Keuangan Vatikan

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 07:17 WIB
Demo Ricuh di Barcelona Sampai Skandal Keuangan Vatikan Demonstrasi di Barcelona, Catalonia, Spanyol. (AP Photo/Bernat Armangue)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (15/10) kemarin. Mulai dari bentrokan demonstran dan polisi di Barcelona, Spanyol usai vonis tokoh separatis Catalonia sampai skandal keuangan Vatikan bocor. Semua dirangkum CNNIndonesia.com dalam kilas internasional.


1. Demo Ricuh di Barcelona Usai Vonis Separatis Catalonia

Kelompok demonstran pendukung kemerdekaan Catalonia terlibat bentrok dengan anggota polisi Spanyol. Mereka berunjuk rasa selepas sidang vonis terhadap 12 tokoh separatis pada Senin (14/10) malam waktu setempat.


Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes usai sidang vonis terhadap 12 tokoh separatis Catalonia.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Dinas Gawat Darurat (SEM), bentrokan itu mengakibatkan 53 orang luka-luka.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (15/10), lokasi bentrokan berada di beberapa lokasi. Yakni di pusat kota Barcelona dan di luar Bandara El Prat.


2. Dianggap Penjajah, Patung Christoper Colombus di AS Dirusak

Sejumlah patung penjelajah asal Italia, Christopher Columbus, yang berada di Amerika Serikat dirusak dengan cara diguyur cat berwarna merah. Insiden itu terjadi di Hari Columbus diduga sebagai bentuk protes oleh kelompok tertentu yang menganggap dia sebagai penjajah dan membantai penduduk asli.

Ini bukan pertama kalinya patung tersebut menjadi objek perusakan.

[Gambas:Video CNN]

Selama ini, sosok Columbus memang menjadi perdebatan di kalangan masyarakat, terutama penduduk asli Amerika.

Warga asli Amerika mendesak pemerintah untuk mengubah Hari Columbus menjadi Hari Masyarakat Adat. Mereka menganggap kedatangan Columbus merupakan awal penjajahan dan genosida terhadap penduduk asli di Amerika selama berabad-abad.


3. Skandal Keuangan Vatikan, Ajudan Paus Fransiskus Mundur

Pengawal utama Paus Fransiskus sekaligus Kepala Kepolisian Vatikan, Domenico Giani, mengundurkan diri setelah penyelidikan skandal keuangan kota itu bocor ke media.

Vatikan menuturkan Paus Fransiskus menerima pengajuan pengunduran diri Giani meski mengatakan sang ajudan "tidak bertanggung jawab" atas detail penyelidikan yang bocor ke media tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Paus Fransiskus dikabarkan sangat marah atas pemberitaan media terkait bocornya pemberitahuan kepolisian yang memaparkan bahwa sejumlah staf pemerintahan Kota Vatikan menjadi target penyelidikan skandal proyek jual beli perumahan. (ayp/ayp)