Kilas Internasional

Brexit Ditunda hingga AS Buang Jasad Baghdadi ke Laut

CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 06:39 WIB
Brexit Ditunda hingga AS Buang Jasad Baghdadi ke Laut Presiden Dewan Eropa Donald Tusk. (Aris OIKONOMOU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Uni Eropa sepakat mengundur tenggat waktu proses Inggris keluar dari blok tersebut atau Brexit hingga Amerika Serikat membuang jasad pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi ke laut meramaikan berita internasional pada Senin (28/10).

1. Uni Eropa Sepakat Undur Tenggat Brexit hingga Januari 2020

Uni Eropa sepakat untuk kembali mengundur tenggat waktu proses Inggris keluar dari blok tersebut atau Brexit hingga 31 Januari 2020 mendatang.

"Anggota UE sepakat menerima permintaan Inggris untuk memperpanjang Brexit hingga 31 Januari 2020," ujar presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, sebagaimana dikutip AFP.



Dengan demikian, tiga kali sudah UE mengundur tenggat waktu Brexit dari semula pada 31 Maret menjadi 31 Oktober, dan kini awal 2020. Kesepakatan Brexit tak kunjung tercapai karena gesekan politik di Inggris.

2. Dewan AS Gelar 'Voting' Prosedur Pemakzulan Trump pada Kamis

Dewan Perwakilan AS akan menggelar pemungutan suara Kamis ini untuk memutuskan resolusi guna memformalkan upaya penyelidikan pemakzulan Presiden Donald Trump.


Resolusi tersebut akan menjadi langkah pertama yang akan diambil oleh Dewan Perwakilan AS dalam pemakzulan Trump. Sebelumnya, dewan tidak memilih untuk secara resmi mengesahkan resolusi penyelidikan pemakzulan Trump awal bulan ini.

3. AS Buang Mayat al-Baghdadi ke Laut

Mayat kepala kelompok ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dibuang ke laut. Informasi tersebut disampaikan salah seorang sumber AFP di Pentagon.

[Gambas:Video CNN]

Namun, sumber tersebut tidak menyebut secara pasti di mana dan kapan jenazah tersebut akan dibuang. Ia hanya menyatakan pembuangan tersebut sama dengan yang dilakukan pada jenazah Pimpinan Al-Qaeda Osama bin Laden setelah terbunuh dalam serangan pasukan AS pada 2011 lalu.

(dea)