Helikopter Jatuh Saat Padamkan Karhutla di Australia

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 15:22 WIB
Helikopter Jatuh Saat Padamkan Karhutla di Australia Ilustrasi. Upaya pemadaman kebakaran hutan dari udara di Australia. (Foto: PETER PARKS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah helikopter dilaporkan jatuh saat melakukan misi pemadaman kebakaran hutan di utara Australia pada Rabu (13/11). 

Otoritas lokal menuturkan sang pilot berhasil selamat meski mengalami luka ringan.

"Helikopter itu jatuh saat operasi waterbombing untuk memadamkan api karhutla di Pechey hari ini," kata juru bicara Layanan Kebakaran dan Darurat Negara Bagian Queensland kepada AFP.


Juru bicara itu menuturkan helikopter penyelamat segera dikirim ke tempat kejadian. Ia mengatakan pilot juga telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Kami membawa satu laki-laki dengan cedera yang tidak mengancam nyawa ke Rumah Sakit Toowoomba," papar juru bicara itu.

[Gambas:Video CNN]

Kini, sang pilot dikabarkan telah berada dalam kondisi stabil.

Juru bicara tersebut menuturkan kebakaran hutan di Pechey, utara Toowomba, sudah terjadi sejak kemarin dan "terus memburuk".

Pemerintah telah mengerahkan tim pemadam kebakaran untuk menanggulangi karhutla dengan bantuan meriam air dari udara.

Negara Bagian Queensland berada dalam level waspada terkait kebakaran hutan. Sejumlah pihak menuturkan perubahan arah mata angin memicu kebakaran lahan dan hutan yang terus memburuk di wilayah itu.

Selain Queensland, titik api karhutla juga terdeteksi di Negara Bagian New South Wales. Titik api karhutla diperkirakan akan terus meningkat pada akhir pekan ini ketika suhu dan kecepatan angin meningkat. (rds/evn)