FOTO: Kisah Pilu dari Sudut Venezuela

AP, CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 21:50 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kehidupan Kota Maracaibo yang merupakan wilayah kaya minyak di Venezuela kini lesu akibat krisis politik dan ekonomi.

Penduduk miskin di Kota Maracaibo, Venezuela, harus berjuang hidup di antara himpitan gejolak politik dan desakan kebutuhan sehari-hari.  (AP Photo/Rodrigo Abd)
Kehidupan di Kota Maracaibo yang kaya minyak mendadak suram akibat krisis ekonomi dan politik berkepanjangan yang terjadi di Venezuela. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Penduduk di Maracaibo terbelah soal sikap politik. Sebagian mendukung kelompok oposisi dipimpin Juan Guaido, lainnya memilih apatis. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Penduduk miskin di Maracaibo saat ini hanya bisa mengharap bantuan dari sesama warga untuk bisa bertahan hidup. Sebab, perekonomian mandek membuat mereka semakin melarat.  (AP Photo/Rodrigo Abd)
Masyarakat Maracaibo juga harus berhemat dalam membeli bahan makanan dan memasak. Sebab, harga bahan makanan sangat mahal dan langka. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Sekitar 4,5 juta penduduk Venezuela memutuskan pergi ke negara lain untuk mencari uang dan kehidupan yang lebih baik akibat krisis. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Penduduk Maracaibo enggan terlibat dalam aksi unjuk rasa jika mengarah ke kerusuhan. Mereka enggan membahayakan hidup karena masih memiliki tanggungan keluarga. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Denyut kehidupan malam di Maracaibo masih terasa, meski semakin lemah akibat lesunya perekonomian.  (AP Photo/Rodrigo Abd)
Warga Maracaibo juga masih mengupayakan hiburan di tengah krisis demi melepas penat. Salah satunya adalah dengan atraksi 'Coleo'. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Sampai saat ini pertikaian politik antara Juan Guaido dan Presiden Nicolas Maduro belum juga berakhir. (AP Photo/Rodrigo Abd)