Suriah Tembak Jatuh Rudal Israel yang Mengarah ke Damaskus

CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 14:08 WIB
Suriah Tembak Jatuh Rudal Israel yang Mengarah ke Damaskus Ilustrasi. (Istockphoto/ Aapsky)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angkatan udara Suriah dilaporkan menembak jatuh peluru kendali Israel yang mengarah ke pusat ibu kota Damaskus. Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan rudal "bermusuhan itu" datang dari wilayah pendudukan Israel.

SANA menuturkan satu rudal jatuh di Aqraba, pinggiran tenggara Damaskus.

Dikutip dari AFP, Senin (23/12), seorang juru bicara militer Israel menolak berkomentar ketika AFP berupaya mengonfirmasi hal itu.

Namun, menurut lembaga pemantau Syrian Observatory for Human Rights, setidaknya tiga ledakan terdengar di pinggiran Damaskus setelah rudal itu mencoba menargetkan "posisi Iran dan rezim Suriah".


Berbeda dengan laporan SANA, observatorium itu menuturkan ada dua rudal yang jatuh di dekat Aqbara.
[Gambas:Video CNN]
Organisasi berbasis di Inggris itu mengamati bahwa sejumlah pasukan medis dan ambulans segera bergegas mendekati lokasi tak lama setelah suara ledakan terdengar.

Sejak perang sipil Suriah berlangsung pada 2011 lalu, militer Israel telah meluncurkan ratusan serangan ke wilayah Suriah. Israel menargetkan basis-basis militan pro-Iran yang bersekutu dengan Presiden Bashar Al-Assad di Suriah.

Pada 20 November, serangan Israel ke Suriah menewaskan 21 personel pro-Assad, termasuk 16 orang warga asing dan dua warga sipil.

Juli lalu, enam warga Iran dan tiga personel Suriah juga tewas dalam serangan rudal Israel yang terjadi di selatan Provinsi Daraa dan Quneitra.

Israel juga pernah meluncurkan serangan ke Aqraba pada Agustus lalu menewaskan dua tentara Hizbullah dan satu personel Iran. (rds/dea)